Senin, 17 September 2018

Perdana naik Scania K410 Jetbus 3 SHD dan Panoramic

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.


PERHATIAN!!! Sebelum membaca, alangkah baiknya lihat  etape touring sebelumnya, Pekanbaru - Medan - Toba Samosir  dan  Etape Medan - Aceh - Sabang  . Terima Kasih


BANDA ACEH - MEDAN

Setelah kembali menjajaki pulau Sumatera, saya langsung ke halte Trans Koetaradja. Saat bus datang, langsung diserbu dan bus tidak langsung jalan, mungkin menunggu waktu jalan sesuai jadwal. Saya turun di Masjid Raya dan istirahat, sholat, dan mandi di sana. Urusan makan, saya makan mie (mie Aceh) di ruko depan Masjid. Harganya 8000 saja plus 7000 untuk teh tarik dingin.
Selesai sholat Maghrib berjamaah, saya langsung ke halte nunggu Trans Koetaradja. Sayangnya gak ada yang lewat, haihhh payah lah, masa belom jam 19:30 udah gak ada. Akhirnya saya naik Go-Jek aja.
19:55 saya tiba di seberang terminal Batoh. Langsung ke loket buat laporan dan ke Musholla untuk sholat Isya.
Abis sholat Isya langsung ke area keberangkatan. Pas udah di depan bus, saya di telpon petugas kontrol mengenai posisi saya. Lahhh, yang tadi di loket berarti siapa yak. Langsung naik aja. Dapat nopolnya 7801, yang sepertinya ini batangan pak Isa, mantan driver Pusaka Sniper 7717 yang terkenal entuuu, wah mantap lah. Eh sebelumnya, pas sampe di terminal, nampak si Sniper 7717 keluar, tumben udah gerak beberapa menit sebelum jadwalnya jam 20:00.
Di sini terjadi masalah, saya booking nomer kursi 24 yang posisinya di sebelah kiri, seperti yang saya liat di denah kursi. Kenapa pas naik ke dalam malah posisinya di sebelah kanan yang leg roomnya sempit. Wahhh mas alahh. Pas petugas kontrolnya di dalam, saya izin untuk pindah ke kursi nomer 25 (6A), atau kursi baris kedua setelah pintu tengah dan toilet. Soalnya masih banyak kursi kosong, agak aneh yaa. Hari Minggu kok masih banyak kursi kosong. Leg room di sini legaa abisss. Ada USB charger juga loh di besi bawah bagian belakang bawah di antara dua kursi. Mantap, baterai always full lah.
leg room seat 21-22


Leg room sebelah kanan. Seat 23-24
20:23 keluar terminal Batoh. Gak seperti bus lainnya yang ngetem di depan, AW 7801 langsung gas pol. Tapii sayangnya, malah ngetem juga setelah simpang 3 Batoh. Haihhh. Musik di dalam bus sudah diputar, playlist awal lagunya Nissa Sabyan.
20:43 jalan lagi setelah ngetem 15 menitan. Pas ngetem dibagiin snack juga, isinya bakpao isi kacang ijo dan air mineral Cleo 250ml. Hmmm anti-mainstream. Air mineral gelas paling mevvah hahaha.
21:14 salip Sanura Scania K360 di Kuta Cot Glie, Aceh Besar setelah ngekor cukup lama semenjak selesai ngetem tadi.
21:22 Seulimeum.
21:39 salip PMTOH 7314 HDD di Seulawah setelah ngekor dan tempel cukup lama. Memang gesit-gesit 1626 HDD-nya PMTOH. Oh iya, AW 7801 di Seulawah ini memang benar-benar digeber. Batangannya yang dulu bawa 360HP dan sekarang dikasih mesin yang 50 HP lebih besar dan tanpa speed limit memang gak sungkan untung gas pol. Sayangnya, cara bawanya agak kurang nyaman, apalagi suara mesin cukup terdengar jelas. Cara bawanya suka gas dan suka rem sambil mainin retader, kurang nyaman lah. Tapi buat yang suka “aksi yang bikin melek” sih kayanya enak-enak aja.
22:44 melewati terminal Sigli.
22:58 Beureuneun.
23:16 overtake Harapan Indah Jetbus HD 1626 di Bandar Baru, Pidie Jaya.
23:20 isi solar dulu, masih di daerah yang sama. Ini lah gak enaknya KAP dan PMTOH, isi solar di pertengahan perjalanan. Gak kaya Sempati Star atau Putra Pelangi dan PO lainnya yang gak perlu isi solar di tengah perjalanan karena sudah diisi cukup sebelum berangkat.

Senin, 10 September 2018
00:12 akhirnya kursi di sebelah saya ditempati setelah naik penumpang di depan terminal Junieb, lepas Pidie Jaya.
01:43 Lhokseumawe.
04:30 melewati terminal Kuala Simpang, Aceh Tamiang. Nah kan, tidur lumayan lama juga. Maklum lah, seat cukup nyaman, leg room lega, AC dingin, dan selimut hangat memang cocok buat bobomania. Kalo nyaman sih biasa aja, soalnya posisi duduk saya ada di atas ban dan suara mesin cukup terdengar.
05:57 – 06:15 menunaikan kewajiban untuk sholat Shubuh di Masjid Darus Ar Rugayah, Tanjung Pura bareng Anugerah JB 1836, Harapan Indah Jetbus HD 1626, dan Sempati Star Non Stop Panoramic Scania K410. Haee Non Stop. Haee  juga HI 1626 yang ada stiker 19:30, yang mungkin jadwal keberangkatannya. Selepas Shubuh saya cukup banyak tidur ayam.
07:51 terminal Pinang Baris, Medan. Cukup lama di sini, entah ngapain, ribed dah Dishub. Pusaka Skyliner, Harapan Indah O500R-ne 1626, dan New Aceh Tengah aja sampe ninggalin AW 7801.
08:09 akhirnya finish di loket Kurnia jalan Gagak Hitam. Lumayan juga jalan di kota Medan ini, agak agak macet.
 
Overall, cukup puas karena naik armada yang masih cukup fresh dengan kursi Aldilla terbaru yang cukup nyaman, walau masih lebih nyaman Rimba Kencana-nya Sanura. Cuma agak kecewa aja soal waktu tempuh yang di atas 11 jam 30 menit. Gak seperti ekspektasi dengan driver yang terkenal itu. Tapi mantap lah. Rekomen.



DETAIL BUS

Bus: Kurnia (PT Kurnia Anugerah Pusaka)
Nomer plat bus: BL 7801 PB
Kelas: Patas SCANIA "AW Series"
Jurusan: Banda Aceh – Medan
Tarif: 210.000
Nomer kursi: 25 (6A)
Jumlah kursi: 32 + 2 di smoking room belakang
Merk kursi: Aldilla
Sasis: Scania K410iB Opticruise
Bodi: Jetbus 3 SHD (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV, audio, toilet, snack, rec.seat, leg rest, bantal, selimut, USB charger, colokan listrik, WiFi, smoking room.
Waktu tempuh: 11 jam dan 46 menit.


PENILAIAN
+ leg room lega
+ USB charger nyala terus tanpa henti

- Waktu tempuh kurang memuaskan


MEDAN - BANDA ACEH

Selepas saya tiba di Medan, saya beranjak menuju loket Sempati Star untuk beli tiket Double Decker ke Pekanbaru. Kalo yang jalan bukan DD, beralih ke Medan Jaya lagi dengan beli via redBus, biar ada potongan harga hehehe. Tiba di loket/pool Sempati Star, langsung ke bagian ticketing. Beli tiket ke Pekanbaru, tapi saya juga tanya apa hari ini / nanti yang jalan ke Pekanbaru itu Double Decker dan apa pasti? Mbak-mbak ticketing mengiyakan Double Deckernya jalan ke Pekanbaru. Fix lah. Bayar tiket 240.000, lah saya kira 230.000. Seatnya saya dapat di bagian depan, nomer 4. Mantap. Hebatnya langsung ditulis nomer plat busnya, BL 7998 AA. Saya langsung searching, ternyata Scania K410 tanpa stiker Super VIP.
Aktivitas saya sembari menunggu jam keberangkatan saya isi dengan leyeh-leyeh sambil nge-charge dan WiFi-an di ruang tunggu VIP nya Sempati Star, serta diselingi dengan sholat dan makan. Mau jalan atau beli oleh-oleh pun malas karena keuangan sudah cekak. Ini pun kalo mau irit lagi naik Medan Jaya, tapi karena pengen menikmati Lintas Timur Medan – Pekanbaru naik Double Decker, yo wis lah.
Di tiket tertulis keberangkatan jam 18:00, pas jam 5 saya coba laporan masih disuruh tunggu. Jam 6 kurang saya laporan malah ditulis nomer plat bus yang baru, yaitu 7877 dan nomer 7998 dicoret. Wait, saya searching dulu, setau saya gak ada Double Deck dengan nomer plat 7877. Ternyata benar, 7877 adalah SHD Panoramic “Erdogan”, lah ini mah yang dari tadi siang tidur di SPBU samping loket. Saya tanya ke mbak-mbaknya, katanya si DD lagi ada kendala, lah tadi saya liat dengan mata saya sendiri kalo si DD 7998 lewat dan katanya “sama aja kok, tapi ini yang Super High Deck”. Kampret nih orang, pake ngajarin pula SHD itu apa, dikira gua bego kali. Udah lah kesal, dibikin makin kesal pula. Mau cancel dan coba booking Medan Jaya gak bisa. Pasrah aja lah. Salah satu orang di loket bilang kalo berangkatnya abis Maghrib. Hmmmm pertanda buruk.
18:15 BL 7877 AA “Erdogan”, Scania K410, Jetbus2+ SHD Panoramic parkir di loket.
Saya tinggal sholat dulu. Selesai sholat pun gak ada tanda-tanda bus akan diberangkatkan segera. Mesin bus masih mati.
19:11 keluar loket.
Gila, jam segini baru jalan. Putra Pelangi tronton aja yang jalan jam 6 dari Sunggal bisa sampe Pekanbaru jam 10, lah ini jam segini baru lepas landas. Gak bener. Udah gitu masih pula berhenti di depan loket. Aduhhh. Yaaa saya sih gak ngejar waktu, tapiii ya setidaknya lah.
Berjalan menuju jalan Sisingamangaraja melewati Ring Road. Pada saat itu kondisi jalan cukup ramai, mana banyak kena lampu merah. Oh iya, yang bawa bus ini petugas yang di loket tadi, yang kasih tau bus jalan abis Maghrib. Orangnya berbadan besar, kulit putih, dan berbahasa Aceh. Apa iya ini anak yang punya Sempati Star atau anak dari petinggi Sempati Star. Hhmmmm.... entah lah.
20:11 loket Sempati Star jalan Sisingamangaraja. Untuk cuma sekilas aja di sini.
20:21 melewati Polda Sumatera Utara.
Gak lama lewat Poldasu. Bus berhenti untuk naikin paketan. Paketan dari pick up full yang sepertinya berisi buah. Cukup lama masukkinnya karena banyak.
20:44 jalan setelah naikin paket. Lama cuy, 15 menit lebih kayanya.
21:26 GT Lubuk Pakam. Masuk tol, si Erdogan langsung speedo mentok. Tapi agak ngeri juga, terasa getarannya, gak kaya pas naik Medan Jaya, Makmur, atau Putra Pelangi. Entah ini efek jaring anti-atlet atau angin yang kencang dari arah berlawanan.
21:37 GT Perbaungan. Buset, bentar amat. Gegara paketan buah tadi nih.
21:56 jalan setelah turunin paket.
Gila, turunin paket lama juga. Benar-benar gak bisa diandalkan soal waktu. Oh iya, petugas yang bawa bus gak ikut lagi lanjut ke Pekanbaru. Setelah itu saya berusaha untuk tidur walau kaki sakit karena menggantung dan leg room yang suempittt.
Oh iya, di Kisaran atau Tebing Tinggi, lupa, Kisaran kayanya. Kursi di sebelah saya mulai ditempati yang punya.

Selasa, 11 September 2018
01:38 – 02:13 istirahat di RM Nana, Asahan bersama 3 unit Putra Melayu, lah baru tau ada PO ini. Ada juga Sempati Star Jakartaan 1526 HDD Super VIP yang tiba dan jalan duluan, serta yang Patas VIP yang datang belakangan. Yailah, jumlah seat sama aja pake beda nama kelas.
05:45 Kota Pinang. Bukan maennn. Udah terang masih di Sumatera Utara.
07:02 menurunkan penumpang di depan Indomaret jalan Sudirman, Bagan Batu, Rokan Hilir, Riau. Berhubung penumpang ini turun, jadi saya pindah ke belakang saya biar agak lebih enak.
07:18 melewati RM Arowana, Bagan Batu. Sebelumnya sempat salip Putra Pelangi 1521 yang menuju Jakarta. Hmmm ternyata keong juga pemain Jakarta ini.
08:56 Simpang Bukit Timah. Simpang yang memisahkan jalan menuju Pekanbaru dan Dumai. Kiri ke Dumai, kanan ke Pekanbaru.
10:09 melewati Hotel Grand Zuri, Duri. Biasanya sihhh, masuk Duri itu jam 6-an, lah ini mah jam 10 yang harusnya udah di Pekanbaru. Wkwkwkwkw
11:39 – 12:13 RM Tuah Sakato bersama Vircansa SR-2 HD Prime yang bawa rombongan SMAN 1 Padang Panjang ke SMAN 1 Medan untuk studi banding dan disusul Sempati Star yang menuju Jakarta. Ini SS Jakarta padahal jalan duluan loh dari loket. Saya di sini gak makan, malas alias ngirit hehehe, beli pop mie aja 8000.
13:08 Masjid Nurul Huda, Minyak Nasional alias Minas.
Kata teman saya, itulah alasan kenapa dinamakan Minas. Daerah ini dulu menjadi lumbung Minyak Nasional, dengan produksi terbesar di Indonesia yang kalo gak salah bisa produksi minyak lebih dari 400.000 barel per hari (kalo gak salah ingat loh ya). Dan kata Dosen saya, minyak di Riau ini terkenal dengan kualitasnya dengan nama Black Oil (kalo gak salah). Tapii ya itu dulu, sekarang minyaknya tinggal dikit. Makanya Chevron gak perpanjang kontrak.
13:40 Simpang Palas
13:53 terkena kemacetan sedikit karena perbaikan jalan atau pembetonan jalan di jalan Riau.
14:04 akhirnya saya turun di depan loket Putra Pelangi dan SAN atau di depan gerbang Stadion Utama Riau, tepat sebelum si Erdogan putar balik menuju loketnya.

Seleai sudah jalan-jalan saya sampai ke ujung Indonesia. Entah kenapa, trip atau etape terakhir ini selalu aja gak nyaman. Overall, kapok naik Sempati Star. Gak lagi-lagi. Ini aja naik karena incar DD. Hikmahnya? Perdana naik Panoramic.


DETAIL BUS

Bus: Sempati Star (PT Bintang Sempati Star)
Nomer plat bus: BL 7877 AA
Kelas:
Jurusan: Medan - Pekanbaru
Tarif: 240.000
Nomer kursi: 4 (1D)
Jumlah kursi: ±36
Merk kursi: Aldilla
Sasis: Scania K410iB Opticruise
Bodi: Jetbus 2+ SHD Panoramic (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV, AVOD, audio, toilet, rec.seat, leg rest, bantal, selimut, colokan listrik, sekat depan.
Waktu tempuh: 18 jam dan 53 menit.

PENILAIAN

+ Perdana naik Panoramic

- Gila. 19 jam setara Tangerang – Malang.
- Leg room sempit
- Leg rest gak bisa full naik
- Kursi terlalu tebal, susah untuk direbahin
- Entah kenapa kursi ini kurang empuk, padahal kursi yang beludru seperti di DD yang pernah saya naikin waktu itu rasanya nyaman
- Gak dapat snack

3 komentar: