Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.
Sudah lebih dari 1,5 tahun lamanya saya tidak ngebis/touring di Pantura, terakhir kali ke Solo-Jogja bulan Mei 2015 saat Cipali belum dibuka. Yang paling bikin kangen itu servis makannya, maklumlah selama ini saya cuma ngebis di Sumatera-an yang tidak menyediakan servis makan gratis dan juga pengen merasakan tol Cipali. Sejak beberapa bulan lalu saya ada rencana untuk touring tektok ke Solo-Surabaya. Seiring berjalan waktu saya berpikir untuk menuntaskan jalur Pantura dalam catatan naik bis saya dengan tektok ke pelabuhan Ketapang, nyebrang ke Gilimanuk, setelah itu putar balik ke Tangerang.
Akhirnya keputusan final didapat. Saya
memutuskan untuk touring “menyebrang pulau (lagi)” di awal Februari. Untuk
menuju pulau seberang saya naik bus langsung (tanpa transit/estafet), sementara
pulangnya saya estafet. Armada pun sudah saya tentukan, walau cukup sulit untuk
menentukan armada estafet. Saya juga menyempatkan untuk blusukan info di medsos
mengenai armada saya nantinya.
Sabtu, 28 Januari 2017 saya membeli
tiket bus plat B tujuan “ibukota pulau seberang” di terminal Rawamangun. Pesan
untuk tanggal 1 Februari dapat nomer kursi 9 seharga 450.000, padahal saya cek
di internet harganya 455.000, biarlah. Armadanya sehari jalan 2 unit, saya
dapat yang armada ke-2, awalnya saya ingin armada pertama biar sampenya lebih
awal, tapi armada ini banyak melipir ke agen di Jawa Barat dan Jawa Tengah
untuk naikin paket atau penumpang, yaudah lah sepertinya akan sama aja
sampenya. Saya cek grup manianya juga armada ke-2 bisa sampe tujuan bareng
armada pertama.
Kenapa saya pilih bus ini? Jumlah
kursinya lebih sedikit dan dapat 3x servis makan. Udah tau kan bus apa? Oh iya,
saya pilih kursi bagian kiri karena pengalaman naik PMTOH 1836 yang seat kiri
lebih lega, sama-sama 7 baris kiri dan 8 baris kanan.
--- SKIP ---
Rabu,
1 Februari 2017
Saya
berangkat dari tempat tinggal saya di Tangerang jam 11 lewat menuju stasiun
Poris naik ojek online yang warna ijo seharga 6.000 (udah diskon sampai 50%
karna bayar pakai g*pay), sebelum masuk stasiun saya sempatkan beli kebutuhan
di minimarket. Perjalanan dilanjutkan naik Commuter Line ke stasiun Jatinegara
seharga 4.000. Dari Poris transit di Duri, di Duri sudah ada kereta (isinya
masih kosong) ke Manggarai, dan ganti kereta tekahir menuju Jatinegara.
Akhirnya, perjalanan menuju terminal Rawamangun diakhiri naik ojek online lagi
seharga 3.000 (metode pembayarannya sama kaya sebelumnya). Sejak berangkat
sampai tiba di Rawamangun cuacanya gerimis dan hujan. Cuma pas di stasiun aja
gak hujan. Cukup ribet yah rute yang saya ambil. Biarin, suka-suka lah.
13:30
saya tiba di terminal Rawamangun
14:23
menuju terminal Pulo Gebang dengan elf dari Kramat Djati. Loh kok? Iya, soalnya
bus-bus udah mulai “diusir” Dishub dan harus-mesti-wajib-kudu berangkat dari
Pulo Gebang. Tapi beli tiket masih bisa di pool atau terminal lain, nanti
dinaikkan shuttle dari PO atau naik TransJakarta mini.
14:44 tiba di terminal
terbesar di Asia Tenggara yang sekaligus paling sulit diakses se-Jakarta. Eh
satu lagi deng, terminal paling membingungkan se-Dunia (lebay) karena masih
minim petunjuk. Bagi yang ke sini pertama kali pasti super bingung. Untuknya
kami (penumpang KD Denpasar/Malang/Madiun) jadi satu rombongan dan ada petugas
KD juga yang memandu sekaligus angkut bagasi/paket.
Ramai
juga di PG, sempat liat bis tingkat AKAP pertama di Jawa, tapi biasa aja lah,
di Medan/Aceh lebih banyak. Ada juga Lorena O500R 1836 yang jadi LE 612
(Denpasar ke-2), wih temen jalan nih. Masuk ke dalam bus ternyata leg room yang
kiri lebih sempit dari leg room yang kanan, ahhh sial. Oh iya, saya dapat KD
Jetbus HD RK8 AirSus, padahal ngarep
RN285 yang biasa dipake bus 6 Ponorogo karena pengen coba Hino RN.
15:15
bus keluar terminal Pulo Gebang.
15:34
melewati Rest Area KM 19 yag lagi sepi mania.
16:38
GT Cikopo.
16:54
melewati Rest Area KM 102 yang ada RM Taman Sari. Terlihat GH 11x Scania K360,
PUMA’S, HarJay, Agra Mas, dll.
17:53
GT Palimanan. Sempet greget juga sama KD selama di tol yang lemot, walaupun
udah tau sih bakal begini karena KD solarnya jatah dan driver sering main
netral.
18:13
– 18:20 isi solar di Rest Area
18:27
keluar GT Kanci. Loh kok gak di Brexit, ternyata eh ternyata....posisi rumah
makannya KD sekaligus Lorena, Gunung Mulia, dll harus keluar Kanci dulu.
18:34
– 19:16 RM Singgalang Jaya bersama Kramat Djati Malang, KD 2, KD 6 Exe, Lorena
JB2 Jember (kalo ga salah), LE 552 Skyliner 1626, dll. Menu servis makannya
lumayan lah, nasi hangat, ayam goreng, kacang panjang tumis, soto, dan sambal
hijau, serta teh manis hangat. Nasi, ayam dan kacang panjangnya enak, sambalnya
juara, enak dan pedasnya pas. Sotonya awkward, suiran ayamnya nyaris gak ada
dan so’un nya masih agak keras dan panjang banget, kaga dipotong dulu kali.
Tehnya agak anek, mungkin karena air rebusan dari rumah makannya kali yah,
maklum, kan rumah makannya di pinggir pantai.
19:25
masuk GT Kanci.
20:10
keluar GT Brebes Timur atau bahasa kerennya Brexit.
20:44
lewat SPBU Muri, Tegal.
Kamis, 2 Februari 2017
00:33
– 01:05 servis makan di RM Sari Rasa, ketemu juga sama SHDnya HarJay, Avante
K360 dan Jetbus2+ SHD K360. Dan bener dugaan saya, di sini servis makan.
Menunya mantap. Nasi hangat, oseng tahunya mantap, ayam limited alias cuma
boleh 1 hehehe, dan sop. Tentunya ditambah es teh biar nikmat. Soal porsi
jangan ditanya, biar kata tengah malem juga, gas teruussss. Usut
punya usut kenapa servis makan ke-2 di Sari Rasa dan bukan di RM Mitra,
Rembang. Karena RM Mitra tidak menyediakan makan pagi.
01:38
lewat terminal Mangkang. Lepas Mangkang, saya banyak tidur. Bangun-bangun udah
masuk sekitar Tuban dan sempet ketemu OBL Moccacino lagi singgah di rumah
makan.
06:12
– 06:52 istirahat di RM Simpang Raya, Tuban. Yang mau makan ya silakan, bayar
sendiri. Saya sih cuma ke kamar mandi aja sama foto-foto.
08:57
melewati stadion Surajaya, markasnya Persela Lamongan.
09:27
isi solar dulu di Bunder, Gresik.
09:35
masuk GT Kebomas.
09:45
GT Gempol 4.
±11:00
terjebak kemacetan di Gondanglegi, Beji, Pasuruan. Cek di Waze, ada report kalo
kemacetan disebabkan karena perbaikan jalan. Perbaikannya di jembatan dan cuma sedikit
sih, tapi macetnya itu loh warbyazah.
11:54
melewati RSUD Bangil, Pasuruan. Penumpang di sebelah saya turun di Pasuruan,
lepas dia turun, saya kuasai 2 kursi.
12:39
– 13:05 menepi karena trouble aki di sebuah Rest Area + jembatan timbang di
Nguling, Pasuruan.
13:10
masuk kabupaten Probolinggo.
13:23
masuk kota Probolinggo.
14:57
melewati PLTU Paiton. Ini salah satu alasan saya mengapa pilih kursi di jendela
kiri, pengen liat PLTU Paiton (untuk pertama kalinya *kasiaaann). Keren juga,
bagaimana pas malem ya? Nanti saya liat pas balik dari Devvata.
15:23
kres dengan Kramat Djati dan Pahala Kencana.
15:39
– 16:36 servis makan di RM Puritama, Pasir Putih. Sudah ada LE 611 bodi Jetbus2
yang siap jalan dan setelah saya makan masuk Kramat Djati Jetbus (non HD) RK8
AirSus yang kalo diliat mirip kelas VIPnya KD. Makananya enak juga. Saya ambil
nasi hangat, kuah sop, tahu goreng 2, tempe goreng tepung 2, dan ayam 1, serta
es teh botolan. Kenapa saya ambil tahu dan tempenya 2? Karena saya gak liat ada
ayam jadi saya ambil 2, eh pas mau ambil minum baru keliatan deh ayamnya.
Biarin lah, gak dijaga juga sih, gass terussss. Oh iya, ada sambal terasi juga,
dari rasanya sih ini sambal terasi kemasan (merk Uleg kalo ga salah) yang biasa
saya makan. Entah bener apa engga.
Tidak
lama selepas RM Puritama, mulai terasa driver memacu bus. Yaelah
pak......kenapa gak dari Jakarta banternya...!!!! Capek deh.
17:00
melewati Tugu 1000 KM Anyer Panarukan.
18:40
saya terbangun saat bus mulai berpacu lumayan kencang di Taman Nasional
Baluran. Tapi agak kurang sih, ada beberapa kali kesempatan bisa salip
kendaraan di depan, tapi gak disalip. Mungkin kalo driver Sumateraan atau
Patas/Bumel mah udah dapet walau tipis.
19:48
masuk pelabuhan Ketapang, Banyuwangi bersama Semanta 1526 JB2+ HD. Wih main
jauh dia. Pake konfigurasi seat 2-3 pula, tahan aja tuh rombongan
sempit-sempitan gitu. Kalo saya sih gak tahan. Naik RK 7 baris aja udah terasa
gak enak.
19:55
masuk kapal di Zona C.
20:10
kapal jalan. Nyebrang ke Bali 1 jam padahal mah deket banget, lah pulai Bali
aja keliatan dari Ketapang. Kondisi toilet, tempat wudhu dan mushollanya
lumayan bagus.
--- WITA
+1 jam ---
22:10
keluar kapal.
22:19
keluar pelabuhan Gilimanuk bersama AKAS ASRI bumel. Sebelum keluar ada
pemeriksaan KTP yang gak penting. Kenapa gak penting? Karena kita cuma
tunjukkin doang gitu, diliat nama dan foto mah kaga. Kalo misalkan saya pake KTP
orang lain juga gak ada tertahan kayanya.
Jumat, 3 Februari 2017
01:44 akhirnya tiba di
teminal Mengwi. Yaaa...gitu lah, (kayanya) Dishub (tukang paksa) gak mau banget
kasih ijin bis dari Jakarta turunin penumpang di Ubung. Ada sih 2 penumpang
cewek dari bis yang saya naikin ngumpet di kandang macan biar bisa turun entah
di Ubung atau di pool.
---
Detail Bus ---
Bus:
Kramat Djati (PT Kramatdjati Asri Sejati)
Kode
Bus: B 12.08
Nomer
Plat Bus: B 7597 TGA
Kelas:
Executive
Jurusan:
Jakarta – Denpasar
Tarif:
450.000
Nomer
Kursi: 9 atau 3A
Jumlah
Kursi: 30
Merk
Kursi: Karya Logam
Fasilitas:
AC, TV, toilet, Audio, colokan listrik, rec.seat, leg rest, selimut, bantal, sekat
depan, snack, servis makan.
Waktu
Tempuh: ±32 jam dan 29 menit
---
Penilaian ---
(+) Bus paling nyaman di trayek Jakarta - Denpasar
(+) Dapat 3x servis makan. Yang lain cuma 2x
(-) Leg room sebelah kiri lebih sempit daripada sebelah kanan.
(-) Driver mengemudi terlalu lambat. Jadi tiba di Denpasar kemalaman.
(-) Bantal yang saya dapat busanya kempes.
(-) Selimutnya terlalu pendek. Mungkin karena saya udah 2x PP Pekanbaru-Aceh yang selimutnya tebal, lebar dan panjang
(-) Seharusnya servis makan di Sari Rasa, di pindah ke Mitra (di Rembang) biar jam makannya pas.
keren detail perjalanannya mas, rencana juga mau pake kd ke Bali, biasanya obl safari ,thank infonya
BalasHapuskalo obl biasanya brpa jam kak perjalanannya?
HapusAne naik kd nih sekarang...rasanya mantap jadi inget masa kecil naik odong2....
BalasHapusMemang kd jalannya santai, 80-90+aksi netral tapi sampai di tujuan lebih konstan +/- 30 jam. Terakhir ke Denpasar tahun lalu naik yang lain, di jalan banter.. tapi sampainya 36+ jam..
BalasHapus