Selasa, 07 Februari 2017

Menuju Pulau Dewata bersama Kramat Djati

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)

Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.


Sudah lebih dari 1,5 tahun lamanya saya tidak ngebis/touring di Pantura, terakhir kali ke Solo-Jogja bulan Mei 2015 saat Cipali belum dibuka. Yang paling bikin kangen itu servis makannya, maklumlah selama ini saya cuma ngebis di Sumatera-an yang tidak menyediakan servis makan gratis dan juga pengen merasakan tol Cipali. Sejak beberapa bulan lalu saya ada rencana untuk touring tektok ke Solo-Surabaya. Seiring berjalan waktu saya berpikir untuk menuntaskan jalur Pantura dalam catatan naik bis saya dengan tektok ke pelabuhan Ketapang, nyebrang ke Gilimanuk, setelah itu putar balik ke Tangerang.

Akhirnya keputusan final didapat. Saya memutuskan untuk touring “menyebrang pulau (lagi)” di awal Februari. Untuk menuju pulau seberang saya naik bus langsung (tanpa transit/estafet), sementara pulangnya saya estafet. Armada pun sudah saya tentukan, walau cukup sulit untuk menentukan armada estafet. Saya juga menyempatkan untuk blusukan info di medsos mengenai armada saya nantinya.

Sabtu, 28 Januari 2017 saya membeli tiket bus plat B tujuan “ibukota pulau seberang” di terminal Rawamangun. Pesan untuk tanggal 1 Februari dapat nomer kursi 9 seharga 450.000, padahal saya cek di internet harganya 455.000, biarlah. Armadanya sehari jalan 2 unit, saya dapat yang armada ke-2, awalnya saya ingin armada pertama biar sampenya lebih awal, tapi armada ini banyak melipir ke agen di Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk naikin paket atau penumpang, yaudah lah sepertinya akan sama aja sampenya. Saya cek grup manianya juga armada ke-2 bisa sampe tujuan bareng armada pertama.

Kenapa saya pilih bus ini? Jumlah kursinya lebih sedikit dan dapat 3x servis makan. Udah tau kan bus apa? Oh iya, saya pilih kursi bagian kiri karena pengalaman naik PMTOH 1836 yang seat kiri lebih lega, sama-sama 7 baris kiri dan 8 baris kanan.

--- SKIP ---

Rabu, 1 Februari 2017
Saya berangkat dari tempat tinggal saya di Tangerang jam 11 lewat menuju stasiun Poris naik ojek online yang warna ijo seharga 6.000 (udah diskon sampai 50% karna bayar pakai g*pay), sebelum masuk stasiun saya sempatkan beli kebutuhan di minimarket. Perjalanan dilanjutkan naik Commuter Line ke stasiun Jatinegara seharga 4.000. Dari Poris transit di Duri, di Duri sudah ada kereta (isinya masih kosong) ke Manggarai, dan ganti kereta tekahir menuju Jatinegara. Akhirnya, perjalanan menuju terminal Rawamangun diakhiri naik ojek online lagi seharga 3.000 (metode pembayarannya sama kaya sebelumnya). Sejak berangkat sampai tiba di Rawamangun cuacanya gerimis dan hujan. Cuma pas di stasiun aja gak hujan. Cukup ribet yah rute yang saya ambil. Biarin, suka-suka lah.

13:30 saya tiba di terminal Rawamangun
14:23 menuju terminal Pulo Gebang dengan elf dari Kramat Djati. Loh kok? Iya, soalnya bus-bus udah mulai “diusir” Dishub dan harus-mesti-wajib-kudu berangkat dari Pulo Gebang. Tapi beli tiket masih bisa di pool atau terminal lain, nanti dinaikkan shuttle dari PO atau naik TransJakarta mini.
14:44 tiba di terminal terbesar di Asia Tenggara yang sekaligus paling sulit diakses se-Jakarta. Eh satu lagi deng, terminal paling membingungkan se-Dunia (lebay) karena masih minim petunjuk. Bagi yang ke sini pertama kali pasti super bingung. Untuknya kami (penumpang KD Denpasar/Malang/Madiun) jadi satu rombongan dan ada petugas KD juga yang memandu sekaligus angkut bagasi/paket.
Ramai juga di PG, sempat liat bis tingkat AKAP pertama di Jawa, tapi biasa aja lah, di Medan/Aceh lebih banyak. Ada juga Lorena O500R 1836 yang jadi LE 612 (Denpasar ke-2), wih temen jalan nih. Masuk ke dalam bus ternyata leg room yang kiri lebih sempit dari leg room yang kanan, ahhh sial. Oh iya, saya dapat KD Jetbus HD RK8 AirSus,  padahal ngarep RN285 yang biasa dipake bus 6 Ponorogo karena pengen coba Hino RN.

15:15 bus keluar terminal Pulo Gebang.
15:34 melewati Rest Area KM 19 yag lagi sepi mania.
16:38 GT Cikopo.
16:54 melewati Rest Area KM 102 yang ada RM Taman Sari. Terlihat GH 11x Scania K360, PUMA’S, HarJay, Agra Mas, dll.
17:53 GT Palimanan. Sempet greget juga sama KD selama di tol yang lemot, walaupun udah tau sih bakal begini karena KD solarnya jatah dan driver sering main netral.
18:13 – 18:20 isi solar di Rest Area
18:27 keluar GT Kanci. Loh kok gak di Brexit, ternyata eh ternyata....posisi rumah makannya KD sekaligus Lorena, Gunung Mulia, dll harus keluar Kanci dulu.
18:34 – 19:16 RM Singgalang Jaya bersama Kramat Djati Malang, KD 2, KD 6 Exe, Lorena JB2 Jember (kalo ga salah), LE 552 Skyliner 1626, dll. Menu servis makannya lumayan lah, nasi hangat, ayam goreng, kacang panjang tumis, soto, dan sambal hijau, serta teh manis hangat. Nasi, ayam dan kacang panjangnya enak, sambalnya juara, enak dan pedasnya pas. Sotonya awkward, suiran ayamnya nyaris gak ada dan so’un nya masih agak keras dan panjang banget, kaga dipotong dulu kali. Tehnya agak anek, mungkin karena air rebusan dari rumah makannya kali yah, maklum, kan rumah makannya di pinggir pantai.

19:25 masuk GT Kanci.
20:10 keluar GT Brebes Timur atau bahasa kerennya Brexit.
20:44 lewat SPBU Muri, Tegal.

Kamis, 2 Februari 2017
00:33 – 01:05 servis makan di RM Sari Rasa, ketemu juga sama SHDnya HarJay, Avante K360 dan Jetbus2+ SHD K360. Dan bener dugaan saya, di sini servis makan. Menunya mantap. Nasi hangat, oseng tahunya mantap, ayam limited alias cuma boleh 1 hehehe, dan sop. Tentunya ditambah es teh biar nikmat. Soal porsi jangan ditanya, biar kata tengah malem juga, gas teruussss. Usut punya usut kenapa servis makan ke-2 di Sari Rasa dan bukan di RM Mitra, Rembang. Karena RM Mitra tidak menyediakan makan pagi.
01:38 lewat terminal Mangkang. Lepas Mangkang, saya banyak tidur. Bangun-bangun udah masuk sekitar Tuban dan sempet ketemu OBL Moccacino lagi singgah di rumah makan.
06:12 – 06:52 istirahat di RM Simpang Raya, Tuban. Yang mau makan ya silakan, bayar sendiri. Saya sih cuma ke kamar mandi aja sama foto-foto.

08:57 melewati stadion Surajaya, markasnya Persela Lamongan.
09:27 isi solar dulu di Bunder, Gresik.
09:35 masuk GT Kebomas.
09:45 GT Gempol 4.
±11:00 terjebak kemacetan di Gondanglegi, Beji, Pasuruan. Cek di Waze, ada report kalo kemacetan disebabkan karena perbaikan jalan. Perbaikannya di jembatan dan cuma sedikit sih, tapi macetnya itu loh warbyazah.
11:54 melewati RSUD Bangil, Pasuruan. Penumpang di sebelah saya turun di Pasuruan, lepas dia turun, saya kuasai 2 kursi.
12:39 – 13:05 menepi karena trouble aki di sebuah Rest Area + jembatan timbang di Nguling, Pasuruan.
13:10 masuk kabupaten Probolinggo.
13:23 masuk kota Probolinggo.
14:57 melewati PLTU Paiton. Ini salah satu alasan saya mengapa pilih kursi di jendela kiri, pengen liat PLTU Paiton (untuk pertama kalinya *kasiaaann). Keren juga, bagaimana pas malem ya? Nanti saya liat pas balik dari Devvata.
15:23 kres dengan Kramat Djati dan Pahala Kencana.
15:39 – 16:36 servis makan di RM Puritama, Pasir Putih. Sudah ada LE 611 bodi Jetbus2 yang siap jalan dan setelah saya makan masuk Kramat Djati Jetbus (non HD) RK8 AirSus yang kalo diliat mirip kelas VIPnya KD. Makananya enak juga. Saya ambil nasi hangat, kuah sop, tahu goreng 2, tempe goreng tepung 2, dan ayam 1, serta es teh botolan. Kenapa saya ambil tahu dan tempenya 2? Karena saya gak liat ada ayam jadi saya ambil 2, eh pas mau ambil minum baru keliatan deh ayamnya. Biarin lah, gak dijaga juga sih, gass terussss. Oh iya, ada sambal terasi juga, dari rasanya sih ini sambal terasi kemasan (merk Uleg kalo ga salah) yang biasa saya makan. Entah bener apa engga.


Tidak lama selepas RM Puritama, mulai terasa driver memacu bus. Yaelah pak......kenapa gak dari Jakarta banternya...!!!! Capek deh.

17:00 melewati Tugu 1000 KM Anyer Panarukan.
18:40 saya terbangun saat bus mulai berpacu lumayan kencang di Taman Nasional Baluran. Tapi agak kurang sih, ada beberapa kali kesempatan bisa salip kendaraan di depan, tapi gak disalip. Mungkin kalo driver Sumateraan atau Patas/Bumel mah udah dapet walau tipis.
19:48 masuk pelabuhan Ketapang, Banyuwangi bersama Semanta 1526 JB2+ HD. Wih main jauh dia. Pake konfigurasi seat 2-3 pula, tahan aja tuh rombongan sempit-sempitan gitu. Kalo saya sih gak tahan. Naik RK 7 baris aja udah terasa gak enak.
19:55 masuk kapal di Zona C.
20:10 kapal jalan. Nyebrang ke Bali 1 jam padahal mah deket banget, lah pulai Bali aja keliatan dari Ketapang. Kondisi toilet, tempat wudhu dan mushollanya lumayan bagus.

--- WITA +1 jam ---

22:10 keluar kapal.
22:19 keluar pelabuhan Gilimanuk bersama AKAS ASRI bumel. Sebelum keluar ada pemeriksaan KTP yang gak penting. Kenapa gak penting? Karena kita cuma tunjukkin doang gitu, diliat nama dan foto mah kaga. Kalo misalkan saya pake KTP orang lain juga gak ada tertahan kayanya.

Jumat, 3 Februari 2017
01:44 akhirnya tiba di teminal Mengwi. Yaaa...gitu lah, (kayanya) Dishub (tukang paksa) gak mau banget kasih ijin bis dari Jakarta turunin penumpang di Ubung. Ada sih 2 penumpang cewek dari bis yang saya naikin ngumpet di kandang macan biar bisa turun entah di Ubung atau di pool.


--- Detail Bus ---

Bus: Kramat Djati (PT Kramatdjati Asri Sejati)
Kode Bus: B 12.08
Nomer Plat Bus: B 7597 TGA
Kelas: Executive
Jurusan: Jakarta – Denpasar
Tarif: 450.000
Nomer Kursi: 9 atau 3A
Jumlah Kursi: 30
Merk Kursi: Karya Logam
Fasilitas: AC, TV, toilet, Audio, colokan listrik, rec.seat, leg rest, selimut, bantal, sekat depan, snack, servis makan.
Waktu Tempuh: ±32 jam dan 29 menit


--- Penilaian ---

(+) Bus paling nyaman di trayek Jakarta - Denpasar
(+) Dapat 3x servis makan. Yang lain cuma 2x

(-) Leg room sebelah kiri lebih sempit daripada sebelah kanan.
(-) Driver mengemudi terlalu lambat. Jadi tiba di Denpasar kemalaman.
(-) Bantal yang saya dapat busanya kempes.
(-) Selimutnya terlalu pendek. Mungkin karena saya udah 2x PP Pekanbaru-Aceh yang selimutnya tebal, lebar dan panjang
(-) Seharusnya servis makan di Sari Rasa, di pindah ke Mitra (di Rembang) biar jam makannya pas.


4 komentar:

  1. keren detail perjalanannya mas, rencana juga mau pake kd ke Bali, biasanya obl safari ,thank infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo obl biasanya brpa jam kak perjalanannya?

      Hapus
  2. Ane naik kd nih sekarang...rasanya mantap jadi inget masa kecil naik odong2....

    BalasHapus
  3. Memang kd jalannya santai, 80-90+aksi netral tapi sampai di tujuan lebih konstan +/- 30 jam. Terakhir ke Denpasar tahun lalu naik yang lain, di jalan banter.. tapi sampainya 36+ jam..

    BalasHapus