Kamis, 09 Februari 2017

Denpasar - Surabaya naik Komodo

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.

Mohon Perhatian...!!! Sebelum membaca postingan ini, mohon membaca catatan perjalanan sebelumnya, Menuju Pulau Dewata bersama Kramat Djati .  Terima Kasih.

Postingan ini saya akan menceritakan pengalaman kembali dari Denpasar dengan cara estafet dan sesuai dengan postingan sebelumnya, pada postingan ini saya akan menceritakan/review penginapan saya di Bali dan dilanjutkan dengan catatan perjalanan dari Denpasar.

Beberapa hari sebelumnya saya sudah booking Nau Here Hostel lewat tiket[dot]com dengan tipe kamar Capsule Bed untuk tanggal 2-3 Februari (1 malam). Saya hanya membayar 13.700 saja dengan rincian harga kamar 64.400 dan dipotong tix poin yang saya miliki sebesar 50.900. Lokasinya di Istana Kuta Galeria atau Kuta Central Park jalan Patih Jelantik.

Saya cek in jam 3 pagi kurang, untungnya penginapan buka 24 jam. Kamarnya bagus dan cukup nyaman walau berada di lantai paling atas, kira-kira ada 14 buah kamar kapsul. Posisi lampu di dalam kapsul/bilik pun pas. Kamar mandinya bersama, agak kecil sih, dan sayangnya tidak ada kesetan. Koneksi WiFi pun lumayan. Oh iya, semua tipe kamar dapat sarapan. Sarapannya enak, cuma semangkanya aja kurang fresh dan jeruknya agak asam. Overall memuaskan, staffnya ramah. Kalau ada waktu ke Bali lagi, saya mungkin akan menginap lagi di sini.

Malam kedua saya menginap di Mahendra Inn, sekitar 1km dari pantai Kuta atau McD*nald pantai Kuta. Saya menginap di kamar dengan AC+TV+breakfast serta kamar mandi dalam dengan harga 160.000 dipotong 70.000 diskon dari pegipegi[dot]com, jadi saya hanya bayar 90.000. Kamarnya lumayan lah walau sederhana. Staffnya sangat ramah. Tersedia parkir motor juga. Sarapannya enak, teh manisnya pas. Lokasi penginapan ini agak terlalu dalam. Deket hotel ada beberapa tempat yang menyediakan massage, entah ada plus-plusnya apa engga hahaha. Minusnya paling hanya tidak ada gantungan baju di kamar mandi.

Setelah saya mereview singkat penginapan, saya akan berbagi catatan perjalanan dari Denpasar. Rencana saya akan estafet ke Surabaya, walaupun pengen banget sih naik Surya Bali, tapi waktu kosongnya itu loh yang kelamaan. Armada ke Surabaya saya pilih Wisata Komodo. Sebenernya tergiur juga dengan O500R 1836 nya GH walaupun SHD, tapi karena harga tiketnya lebih maha 25.000 yaaaa gak jadi deh, udah bosen juga naik O500R hahahah. Eh sempet juga sih tergiur GH Scania ke Malang, tapi masalah budget kembali menjadi alasan.

Saya booking tiket Wisata Komodo lewat telepon ke kantor WisKom di jalan Pidada X, saya pilih nomer kursi yang sama dengan pas naik KD kemaren, nomer 9, dengan harga 175.000, tiket bisa dibayar pas hari keberangkatan, ntabs jiwa lah.

Jumat, 3 Februari 2017
Jam 10 lewat saya cusss ke kantor WisKom di jalan Pidada X, gak jauh dari terminal Ubung, banyak juga kok kantor/pool bus lain di sekitar sini. Pas bayar, saya pindah ke kursi nomer 5. Tiketnya pun sudah full print out. Kumpul di Ubung jam 16:30 (berangkat jam 17:00), kalau start awal dari kantornya jam 15:30.

Sabtu, 4 Februari 2017
Sabtu, tanggal 4 Februari adalah hari saya pulang dari Denpasar. Jam 3 lewat saya tiba di Ubung, karena agak lapar saya makan dulu di seberang terminal. Setelah makan saya menunggu COD pie susu saya. Sedikit review tentang pie susunya. Saya sudah pilih pie susu dengan merk Pie Susu Sari dan janji COD di Alfamart seberang Ubung. Saya pesan 50pcs pie susu rasa keju dan cokelat seharga 87.500. Pie susunya enak, ukurannya tidak selebar pie susu D**an, tapi isiannya (atau apa lah itu) lebih tebal/banyak/terasa punyanya pie susu Sari.

Balik lagi ke WisKom, saya melapor jam 16:30 lewat, petugasnya ramah. Pertama kali masuk Ubung agak gimana gitu karena info negatifnya, tetapi pas saya masuk gak seram amat lah. Pas ditanya mau ke mana, saya bilang aja ke Surabaya naik WisKom, abis itu pergi deh.

Pas di pertigaan sebelum Ubung saya sudah melihat armada WisKom Jetbus 1526 non AirSus dengan tulisan di papan “Surabaya”. Wah ilah, naik yang kriyet kriyet, gak gak apa lah. Sementara PK tujuan Malang pakai Hino dan Restu Mulya pakai Golden Dragon.

17:05 start terminal Ubung. Penumpang tidak terlalu ramai. Oh iya, leg rest dan rec.seat saya rusak, jadi nyesel pindah ke nomer kursi 5. Keluar Ubung langsung dibagiin snack box dan air mineral botol 600ml. Isi snack boxnya aja TOP yang kecil dan roti yang agak kecil, rotinya kalo ditekan langsung gepeng hahahaha.
17:45 kres dengan Pahala Kencana Bandung – Denpasar dengan RK8 Jetbus HD. Saya tercengang ketika kru menaikkan penumpang non tiket alias syarkawi sepanjang jalan. Saya kira cuma PO Sumateraan aja yang masih ada syarkawian, ternyata bus Bali juga ada.
19:19 masuk Negara.
19:39 masuk RM Muslim Bidadari, Negara untuk menunggu penumpang. Penumpangnya pun gak muncul dan di tengah jalan dia muncul dengan ngejar WisKom naik ojek.
20:21 masuk pelabuhan Gilimanuk.
20:36 masuk kapal bersama Wisata Komodo DK 9021 DA Scorpion King MB 1526. Sementara itu, WisKom lainnya, ResMul GolDrag, GH O500R, dan GH Scania masuk kapal lainnya bersamaan.
20:50 kapal jalan.

--- WIB -1 jam ---

20:45 kapal sandar. Karena saya sibuk facebook-an, saya menjadi penumpang terakhir yang naik dan hampir mau dicari kru hahahaha.
20:53 keluar pelabuhan Ketapang. GH Scania SHD ternyata udah di depan.
21:09 di overtake WisKom ScorKing dan GH O500R. Posisi WisKom paling depan dan GH terus mencari celah untuk overtake. Sementara bus saya berusaha mengejar GH O500R dannnn...tidak berhasil.
21:31 masuk kabupaten Situbondo dan langsung beraksi di jalan TN Baluran.
21:58 lewat RM Sumber Harta Baru, rumah makannya Gunung Harta. Tampak dua SuHaDi K360 Opc dan 1836 lagi makan malam.
23:12 – 23:44 masuk RM Puritama, Pasir Putih untuk servis makan dan sudah terparkir WisKom ScorKing. Makanannya enak. Saya ambil nasi putih hangat, sop, 4 potong kecil ayam kecap, dan 2 bakwan goreng serta teh manis hangat. Setelah selesai makan dan masuk ke dalam bus, ternyata selimut sudah dirapikan kembali sama kru nya. Mantap lah, kirain cuma HarJay aja yang begitu.

00:13 melewati RM Utama Raya, Besuki. Tempat singgahnya bus Raya Sayang nih, bagus bener tempatnya, kaya restoran mewah.
00:17 berjalan melintasi indahnya PLTU Paiton bersama Manhattan Tourista.
00:24 isi solar.
00:41 melewati kantor bupati Probolinggo.
03:20 GT Waru 1.
03:25 akhirnya tiba (untuk pertama kalinya) di terminal Purabaya, Surabaya.

--- Detail Bus ---

Bus: Wisata Komodo (PT Wisata Komodo Kencana)
Nomer Plat Bus: DK 9021 EA
Kelas: Executive
Jurusan: Denpasar - Surabaya
Tarif: 175.000
Nomer Kursi: 5 atau 2A
Jumlah Kursi: 30
Merk Kursi: Rimba Kencana
Sasis: Mercedes Benz OH 1526
Bodi: Jetbus (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV, audio, toilet, bantal, selimut, rec.seat, leg rest, snack, servis makan.
Waktu Tempuh: 11 jam 20 menit

--- Penilaian ---

(+) Tarifnya murah
(+) Selimutnya jenis bed cover, jadi lebih menghangatkan.

(-) Leg rest dan rec.seat rusak