Minggu, 27 Januari 2019

P 330: Serupa Tapi Tak Sama | LE 150 Tangerang - Pekanbaru

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)

Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.



Assalamualaikum semuanya, selamat datang kembali di blog saya.

Postingan catatan perjalanan kali ini akan menceritakan mengenai perjalanan pulang saya menuju Pekanbaru. Eh tunggu dulu, kemaren pulang ke Tangerang, sekarang pulang ke Pekanbaru hmmmm..... Gitu lah kalo perantau, rumahnya ada dua.

Mungkin ini kembali akan menjadi cerita yang membosankan. Mengapa? Rutenya itu lagi dan PO nya itu lagiii. Yaaaa mau gimana lagi, mau estafet? Males amat, capek, gak jelas. Mau ganti PO? Susah move on gengs. Kalo udah nyaman sama yang satu, kenapa harus berpaling ke lain hati.

Yak, rute perjalanan kali ini ialah Tangerang – Pekanbaru naik Lorena. Gak bosen naik Lorena? Hmmm enggak kayanya, mengapa? Cuma Lorena yang “worth it” di rute ini. Pertama, (bukan urutan ya, acak aja) leg room paling lega. Kedua, jam keberangkatan sore jadi sampe Pekanbaru sudah terang dan akses transportasi dalam kota pun sudah tersedia. Ketiga, beli tiket secara online dan terjamin, anti dipindah seat. Kalo soal armada sih terkesan B aja ya, PO lain juga ada MB 1526 bahkan Scania K360. Tapi yaa 3 alasan di atas buat saya tetap betah naik si Ijo.

Mengenai tiket, saya beli di Traveloka (beli tanggal 14 Januari) untuk keberangkatan hari Minggu tanggal 20 Januari 2019. Kebetulan pas beli tanggal 14 merupakan hari terakhir promo 10% dan harga yang tertera dipangkas dalam-dalam dari 520.000 normalnya menjadi 442.000. Gokss, 442 ribu di kurang 42 ribu sekian. Jadi, saya bayar tiket 397 ribu sekian ratus. Mantul, dulu pas jaman LV aja 435 ribu. Minusnya beli di Traveloka, gak bisa pilih seat, auto 1A. Ya udah lah, liat nanti aja gimana.
Besoknya, tanggal 15 hari Selasa, saya pergi ke Kantor Lorena cabang Cikokol buat tukar atau ambil tiket. Seperti biasa, jam keberangkatan “by call”. Kalo udah lepas Pulo Gebang, nanti saya ditelepon agar bisa langsung ke Kantor. Sip.

Minggu, 20 Januari 2019

Sekitar jam 11 siang, saya dapet telepon dari Kantor Lorena Cikokol, saya kira mah ngapa kali yak, eh taunya Cuma ngabarin aja dan info yang dikasih juga saya udah paham. Sekitar jam 2 siang lewat, saya ditelepon kalo saya sebisanya tiba di Kantor jam 15:30. Shiap lah.

15:24 Tiba di Kantor Lorena cabang Cikokol, Tangerang bermodalkan Go Car dari rumah.
Mengisi waktu menunggu LE 150, saya sempatkan ke Indomaret di sebelah Kantor dan melakukan kewajiban. Sembari menunggu, lewat beberapa bus yang mengarah ke Sumaera, seperti NPM Golden Dragon, Medan Jaya Jetbus 1526, dan Sempati Star 1526 HDD. Whhatt??? Tumben MJ masuk Tangerang sore, ehh apa itu dari Medan yah. Keknya engga deh.
16:33 Setelah satu jam lebih  menunggu, akhirnya datang sesosok bus. Yakkkk saya gagal lagi dapet MB 1626 yang menjadi incaran saya. Saya dapetnya MB 1526 NG, tapiiii prodak berapa ya???? Eh ternyata dapet P 330 lagi hahahahaha. Yawis lahh
Masuk ke dalam bis, saya kira udah ada bang Parto di dalem, eh gak ada. Tunggu aja lah. Ditunggu malah bukan bang Parto yang keluar. Lah, ke mana dia? Ganti batangan? Atau libur?
Ini juga lama amat dahhh kaga jalan-jalan ini LE 150. Usut punya usut, ini LE 150 kaga jalan-jalan karena ada instruksi buat nunggu penumpang LE 150 yang ada di LE 120. Nah LE 120 ini jaraknya 1 jam di belakang LE 150. Gilak yahhh ini, kenapa gak transitin di Merak atau Lampung aja yah, atau sekalian di Palembang. Udah gitu, LE 120 dateng dengan armada MB 1626 pula, gimana gak makin kesel coba. Duhhhh......
17:46 Akhirnya jalan juga, meninggalkan LE 120 di belakang.
18:00 GT Cikupa. Di GT ini ketemu LE 232 (P 268 – JB2+ MB 1525), ternyata (seharusnya) LE 150 bisa ada di depan LE 232 yah.
Gak lama setelah antri di belakang LE 232, LE 150 langsung salip LE 232. Tidak berselang lama, LE 150 geser ke kiri jalan (lajur tengah dan kiri) dan si LE 232 melaju mendahului LE 232. LE 150 hanya membuntuti LE 232 sampai Merak. Sebenernya sih bisa banget kalo LE 232 disalip dan ditinggal jauh, tapi yaaa pengemudi pertama gak mau. Takut ketinggalan jauh kali.
18:49 GT Merak
18:54 – 19:31 RM Karya Baru, Merak bareng LE 232 dan LE 120. Eh ternyata masuk rumah makan dulu toh dan rumah makannya bukan di Mato Aie lagi. Mungkin karena udah malem kali yah, jadinya masuk RM dulu. Eh tapi, waktu naik LV 150 (P 299) gak masuk RM di Merak kok. Entahlah. Di sini saya beli nasi bungkus isi ayam goreng. Harganya lumayan juga ya, 28.000. Soal rasa, oke lah, gak mengecewakan.
19:37 Agen Merak. Biasa, laporan.
19:44 Antri di gardu Pelabuhan Merak.
19:47 Masuk KM Raputra Jaya 888 bareng beberapa bus, seperti LE 232 yang masuk duluan, LE 120, Sempati Star 1526 HDD, Laju Prima SR-1 Kuler, dan ALS 271 Jetliner.
20:26 Kapal jalan.
Sayangnya, kelas kabin kapal ini berbayar, hanya ekonomi aja yang gratis. Saya jadi malas kalo bayar, mending lesehan di dek sekalian makan nasi bungkus. Lagi pula, cuaca malam itu cukup sejuk karena pas berangkat udah mendung dan mulai gerimis sampai hujan ringan. Sayangnya lagi, kapal ini jalannya cukup lambat. Masa disalip sama kapal yang jalan belakangan, ditinggal jauh pula. Ibaratkan Sumber Alam 1521 disalip Gunung Harta Scania K410.
23:01 Keluar kapal, Tuh kan lambat. Gak asik lah ini kapal. Padahal masih ngarep dapet Portlink atau yang operatornya DLU.
Keluar kapal, langsung masuk tol Bakauheni. LE 232 jadi korban pertama dari joss nya pengemudi pertama dan disusul Pahala Kencana Evonext RG, keduanya ditinggal jauh. Sayangnya tol ini cuma sampe GT Bakauheni Utara. Ruas tol sampai Terbanggi Besar yang sempat dibuka saat libur panjang akhir-awal tahun kemaren kembali ditutup karena belom bisa dioperasikan. Mungkin kalo udah dibuka, banyak bus yang bakal lewat sana dan mungkin pindah rumah makannya yang berada di Kalianda (seperti RM Siang Malam) menuju lebih ke tengah, seperti dekat kota Bandar Lampung mungkin.
23:25 Melewati Polres Penengahan
23:33 – 00:12 RM Siang Malam, Kalianda. Yak, jadi armada pertama yang sampai. Disusul LE 232 dan LE 120. Di sini saya gak makan. Bener aja kan, waktunya udah gak pas dengan jam makan malam pada normalnya. Kebetulan juga di RM ini lagi kena serangan serangga bau, entah kutu busuk entah walang sangit. Baunya aneh, kalo mau makan juga jadi gak selera. Selepas rumah makan saya banyak tidur. Gak sempat input data buat catper dan rekam video. Udah berat mata.

Senin, 21 Januari 2019

01:29 Kantor Lorena cabang Kalibalok
03:08 Bandar Agung
03:50 Bundaran Tulang Bawang
05:05 Aplusan di Way Kenanga, Tulang Bawang Barat sebelum Way Serdang, Mesuji. Unik sekali memang, belum sampai rumah makan selanjutnya, udah aplusan aja. Kayanya sih pengemudi kedua ini udah gak kuat. Sependengaran saya, pengemudi kedua seringnya main ke Timur. Udah 2 tahun kira-kira gak ke Pekanbaru. Biasa bawa matic juga katanya, it means pengemudi kedua ini biasa bawa DD 2542.
06:53 Pasar Tugu Mulyo
07:07 Lubuk Seberuk. Ternyata namanya Lubuk Seberuk, bukan Siberuk seperti yang saya dengar pas naik LE 151 kemaren hahahaha.
07:57 – 08:56 RM Pagi Sore, Ogan Komering Ilir. Standarlah 8 jam Siang Malam – Pagi Sore.
Masuk RM jadi armada pertama yang masuk dannnn bagaimana bisa sudah ada Sempati Star 1526 HDD. Ini armada yang mana sih? Apa jangan-jangan SS jalan 2 armada dari Jakarta dan dua-duanya 1526 HDD. Di rumah makan ini saya gak makan, gak lapar. Saya mandi di kamar mandi masjid yang lebih enak dan gratis hehehe. Jalan dari RM jadi armada kedua atau terakhir gitu, lupa.
09:44 Masuk terminal Kayu Agung karena ada yang turun. Karena masuk, padahal biasanya engga, jadi sekalian dilakukan pemeriksaan oleh petugas Dishub. All clear, gak ada mas alah.
09:59 Kres ANS Tourismo Double Glass pas lagi berhenti di SPBU setelah terminal, bukan isi Solar tapi asisten pengemudi (a.k.a. kenek) mau BAB hahahaha.
10:23 Melewati Pasar Tanjung Raja.
11:18 GT Indralaya.
Ruas tol ini tidak panjang tapi cukup menghemat waktu. Sayang seribu sayang, kondisi jalan di tol ini sama penyakitnya kaya kebanyakan jalan tol lain di Indonesia, yaitu bergelombang. Padahal ini pakai aspal, bukan beton yang tidak nyaman. Bus yang cuma jalan 80 kpj aja cukup terasa guncanganya, apalagi pas sambungan atau pertemuan dengan jembatan, goyangggg. Gila yah, Indonesia kalo bikin jalan gak pernah mulus atau sempurna. Saya yakin, pasti banyak orang-orang pintar yang ada di pihak terkait (konstruktor atau pemerintahan) yang ahli dalam bidang ini. Tapi kenapa, selalu dan selalu saja susah buat jalan mulus halus seperti di luar negeri. Masa iya harus perusahaan asing ternama yang jalanin proyek jalanan di Indonesia biar bisa bikin jalan yang mulus. Hhhhhh......
11:33 GT Palembang
11:42 Jembatan Musi 2. Dikarenakan ketemu LE 232 selepas Musi 2. Akhirnya LE 150 memutuskan untuk berpisah dengan LE 232. LE 150 lurus untuk isi Solar dulu, sementara LE 232 belok kanan masuk Kantor dulu.
12:14 Antri di SPBU Tanjung Api-Api. Cukup panjang juga antriannya, sampai ke luar SPBU. Di dalam sudah ada dua unit Pariwisata Epa Star bodi Jetbus HD dan Skyliner serta LE 120. Nah, udah nyolar aja tuh P 333.
12:44 Keluar SPBU
12:52 – 13:43 Kantor Lorena cabang Palembang. Di dalam sudah ada LE 120 yang akan perpal dan si kembar P 327 dan P 326 yang keduanya akan jalan ke Jakarta dan sekitarnya dengan kode LE 121 dan LE 123. Beberapa waktu kemudian datang LE 151 (P 325).
13:55 Mulai macet di Betung. Selepas kantor, mulai beranjak ke arah Utara. Selepas simpang terminal Alang-Alang Lebar, mulai terjebak kemacetan parah. Kalo di G-Maps sih warna merah sampai cokelat sepanjang 6 km lah kira-kira. LE 150 akhirnya ikut mobil-mobil untuk blong kanan, itu pun masuk barisan lagi agak susah. Macetnya panjang, mending mejam mata.
15:02 Mulai padat merayap di KM 17. Ternyata biang atau ujung kemacetan di jalan berlubang cukup dalam di sekitar KM 21/22. Gila yah! Ini Provinsi tahun kemaren gelar Asian Games lohhh, tapi kok jalan dari dan menuju Palembang rusak sihhhh. Greget dah sama jalanan di Provinsi ini. Paling buruk sepanjang perjalanan. Mana jalan buruk masih bakal ada sampe ujung atau Bayung Lencir pulak. Haehhhh.......
16:42 Melewati Masjid Jumhuriyah, Pangkalan Balai
17:41 – 18:29 RM Musi Indah, Betung. Sudah terparkir LE 232 dan Damri eks Bandara Soetta kayanya.
Saya di sini makan pakai ayam gulai plus nambah nasi, harganya 28.000 + 8.000 plus air mineral botol (600 ml) dingin seharga 6.000. Total 42.000. Memang rumah makan ini terkenal mahallll. Udah gitu pas kasih struknya dilipat pula hahahaha.
19:51 Melewati RM Pagi Sore, Sungai Lilin. Tidak ada penampakkan Sempati Star atau Putra Pelangi di dalam.
19:36 LE 232 ngeban di Sungai Lilin kota.
Nah di Sungai Lilin, mungkin bisa dibilang kotanya atau pusat keramaiannya, jalannya jelek parahhhh. Banyak lobang. Bener-bener dah. Ini masih jalan nasional kan yah? Setau saya kalo jalan nasional itu jadi tanggung jawab pemerintah pusat. Kalo bener sih parah. Jalan tol doang dibuat, tapi jalan utama yang udah ada mah dibiarin aje. Mending jalan tolnya bagus, bergelombang. Shit lah cuk! Mbok ya kalo bikin jalan tuh yang serius. Gak usah cepet selesai, yang penting mulus, bagus, dan awet tahan lama.
22:26 Bayung Lencir.
Perjalanan di Sumatera Selatan memang tidak nyaman. Bahkan pengemudi kedua yang bawa dari Musi Indah aja sampe ngedumel pas di Sungai Lilin – Bayung Lencir karena baru gas si OH 1526, ehhhh udah ngerem aja, ngeremnya cukup dalem pula. Kadang udah rem dalem, masih aja gubrakkk saking rusaknya jalan dan dalamnya lobang. Gregetan sendiri pengemudi kedua ini, biasa bawa 2542 trus banyak di tol, eh main ke Barat malah kena zonk.
23:36 Tempino.

Selasa, 22 Januari 2019

00:11 – 00:29 Terminal Alam Barajo, Jambi. Abis terminal, gak mampir Kantor Lorena lagi, karena orang kantor udah ada di terminal, kebetulan ada LE 232 juga yang udah siap jalan. Setelah Jambi kota padahal saya mau melek, ehhh malah tidur. Bangun-bangun udah diiiii.....
01:47 – 02:38 RM Ajo Tonjong, Bukit Baling KM 48. Bangun-bangun udah di sini, udah ada LE 232 juga. Gila yah. Kalo dulu-dulu sih jam segini udah di Seberida, bahkan udah di RM Simpang Raya hahaha. Di sini saya gak makan, tengah malam ngapain. Saya cuma melakukan kewajiban aja. Btw, ibu-ibu beserta anak bayi yang duduk di seat 1A (sebelah saya dan seat asli saya) sudah pindah ke baris tengah sejak di Betung. Pas juga sih, pas buat saya jadi lega, dan pas buat mereka jadi lebih nyaman karena seat baris pertama ini ada di atas ban. Jadi, sangat terasa langsung guncangannya.
02:50 Kres SAN Scania K360 SR-2 HD Prime. Waktu saya lalui dengan memejamkan mata alias tidur.
07:15 Batang Gansal, Indragiri Hulu. Di sekitar sini, sempat berhenti di Alfamat buat beli dot (isepan anak bayi itu) karena ada penumpang yang mau beli buat bayinya, yang dibawa katanya ilang tau ke mana. Pas berhenti, eh kru dan penumpang ikut turun juga pada beli kopi hangat sama snack. Kaya travel yahhh. Mungkin kalo waktu itu jadi juga berhenti buat beli durian sama duku, bener-bener kaya travel/pariwisata lah hahahaha. Ini sih udah biasa buat Lorena atau bus jarak jauh lainnya.
08:27 Pasar Belilas
09:14 – 09:54 RM Simpang Raya, Japura. Masuk RM sudah ada Putra Pelangi Euroliner, sementara LE 232 gak keliatan. Di sini saya sempatkan untuk bersih-bersih diri dan makan. Makan pakai nasi goreng dengan telor mata sapi seharga 18.000. Wajarlah murah, nasinya juga gak banyak.
10:35 Ukui
Di Ukui sempat diblong PPP Euroliner yang ketemu di Simpang Raya tadi. Udahlah blong LE 150, masih juga maksa blong truk canter di depan walau di arah berlawanan ada mobil yang sampai berhenti. Nah, si canter ini juga gak mau ngalah sampe-sampe spion canter tergeser bodi belakang PPP dan saking mepet, si Canter sampe keluar aspal. Selanjutnya, si PPP terus menjauh. Wajarlah kalo LE 150 gak ngejar, lah udah deket kok, lagi pula udah capek jalan dari Bogor.
11:11 Sorek Satu
12:10 Masuk Pangkalan Kerinci.
Pas masuk wilayah ramai di Pangkalan Kerinci, ketemu RAPI dengan facelift lampu Avante yang dirombak Cipta Karya. Ternyata, saya melihat unit yang mustahil ada di Sumatera, bukan armadanya tapi nama PO yang ada di bodinya, yaitu Gunung Mulia. Ada GM nyasar ke Pangkalan Kerinci. Sepertinya ini unit antar-jemput karyawan RAPP, ketemu dua unit di sini.
12:18 Melewati gerbang RAPP
13:14 Simpang Beringin
±14:06 Finish di jalan Soebrantas. Di putaran balik dekat Sarang Kepiting atau Pak Nurdin.


DETAIL BUS

Bus: Lorena (PT Eka Sari Lorena Transport Tbk)
Kode bus: P 330
Kode jurusan: LE 150 (Bogor – Jakarta – Palembang – Jambi – Pekanbaru)
Tarif: 397.011 (harga normal 520.000)
Nomer kursi: 1A
Jumlah kursi: 32
Merk kursi: Aldilla
Sasis: Mercedes Benz OH 1526 NG
Bodi: Jetbus 2 HD (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV, audio, toilet, smoking area, rec.seat, bantal, selimut, colokan listrik.
Waktu tempuh: sekitar 44 jam dan 20 menit.



PENILAIAN

+ Kru ramah.

- Mungkin jaman sekarang, waktu istirahatnya lebih lama. Buat saya sih seharusnya 40-50 menit aja.
- Pembelian via Traveloka gak bisa pilih seat.
- Lobang AC hilang separuh, untung AC tidak terlalu dingin menusuk tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar