Rabu, 25 Oktober 2017

Pekanbaru - Medan PP: Raja Medan-Riau vs Raja dari Medan

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.


PEKABARU – MEDAN


Cerita perjalanan / touring kali ini rutenya sama seperti 2 dan atau 3 touring sebelum-sebelumnya, you know lah ke mana. Rute Pekanbaru – Medan – Banda Aceh PP menjadi rute touring kali ini. Agak bosen juga sih rutenya itu-itu lagi, pengen juga ke Takengon, Meulaboh, atau Toba. Tapiii yaaaa….. namanya juga penggemar bus bagus hahahahah. Dan touring ini kayanya akan jadi yang terakhir di rute ini, kecuali kalo ada niatan ke Takengon, Meulaboh, atau Toba.

Mengenai armadanya, sudah pasti saya sangat bingung buat tentuin. Untuk etape 1 (PKU-MDN) rencananya naik Medan Jaya Scania karena masih penasaran sama yang satu itu atau Putra Pelangi 1626 dari Padang karena keberangkatan paling malam (jadwal jam 20:00). Akan tetapi, beberapa hari sebelum berangkat, si MJ Scania gak keliatan, bahkan yang Jetbus pun gak ada. Kepikiran juga buat naik RAPI, eh tapi kan buat etape terakhir. Rencana fix  saya untuk etape 1 adalah Medan Jaya Scania, kalau gak jalan ganti ke Halmahera SE 2-1 Scania yang plat 7078, kalau bukan 7078 yang jalan yaaa naik Makmur 2542 aja yang jam 20:00. Intinya gak pesan tiket dulu, go show aja.

Jumat, 20 Oktober 2017

Menuju terminal BRPS naik Trans Metro Pekanbaru koridor 06 dari halte Tabek Gadang seharga Rp 4000. Tadinya mau naik dari halte Suka Karya, eh koridor 03 gak lewat-lewat, jadinya jalan aja 5 menit ke Tabek Gadang daripada ketinggalan MJ Scania.

Sampai di terminal BRPS ternyata tetap gak ada si MJ Scania, gagal deh. Tunggu Halma Scania aja deh, walau saya tau jadwal malam ini bukan di 7078, tapi ya kali aja di perpal dulu. Benar aja, bukan Halmahera 7078 yang dateng. Fix, langsung ke loket MH Group beli tiket jam 20:00. Alhamdulillah rezeki anak soleh masih ada hot seat di seat CC atau kursi terdepan sebelah kiri. Lumayan, 230.000 dapat tronton, selonjor, dan dapat snack walau snacknya cuma roti seribuan dan air mineral gelas. Kenapa saya pilih yang jam 8? Karena jadwalnya paling malam dan firasat saya bakal ngejar bus yang ada di depan / jalan duluan.

19:31 Makmur Jetliner 2542 berplat BK 7064 UD masuk peron.
19:39 Halmahera SE 2-1 Scania K360 jalan. Kira-kira bakal dikejar gak yah?
20:09 Makmur 2542 memulai perjalanan menuju Medan. Tidak lupa snack dibagikan dan sepanjang jalan tetap menyisir penumpang untuk menambah penghasilan kru.
Selonjorr
21:15 Minas. Di Minas sempat ketemu RAPI 1526 SR-1 napin Zurich (kayanya), dan terus jalan bareng dan salip-menyalip sampai Ujung Tanjung (kalo gak salah). Lincah banget tuh 1526. Menggila.
22:03 Melewati RM Setia Abadi, Kandis. Kirain mampir.
23:20 Tersendat kemacetan di tugu 2.000.000 barel Chevron yang entah karena apa. Di sini ketemu Medan Jaya warna biru, sayangnya bukan Scania SHD.
23:46 Loket Duri.
00:09 Overtake Halmahera SE 2-1 bareng RAPI Zurich, 10 menit sebelum Simpang Bukit Timah. Nah kan, kecentang. Untung kaga jadi naik tuh Halmahera.
00:33 Tanpa perlawanan, Sempati Star 7757 Patas VIP K360 Comfortshift disalip Makmur 7064 dan RAPI Zurich di Ujung Tanjung. Sempati Star yang jalan jam 7 aja di salip, mantap juga nih Makmur tronton yang jam 8. Tinggal Makmur tronton yang jalan jam 7 dan Putra Pelangi ‘Baho Do Au’ aja yang belum nampak.
01:15 Overtake PHM ‘Inang Nabasa’. Anehnya ini bus asal Sumut, tapi platnya BL (Aceh). Eks Putra Pelangi / Pelangi kali yah. Bodinya pun Travego.
01:48 Berhenti 4 menitan di RM Sherli, Bagan Batu bareng Makmur tronton 7067 dan Makmur New Skyliner. Bus saya jalan duluan, tapi gak lama abis itu disalip Makmur tronton 7067 karena bus saya menepi buat jajan hehehe.
02:26 Cikampak. Sekaligus salip Makmur 7067.
02:47 Berhenti di SPBU samping Royal Permata Hotal, Kota Pinang untuk pergantian pengemudi. Sembari berhenti, disalip sama RAPI Zurich dan kres dengan Makmur 2542 dan Putra Pelangi 2542. Perpal si PPP 7611?
04:48 Aek Kanopan.
05:24 – 05:57 RM Gunung Sari, Asahan. Istirahat bareng Makmur ekonomi toilet bodi Discovery dan Celcius, Halmahera 1526 AC toilet, Makmur 1836 SR-1, Halmahera SE dan Makmur 2542. Eh si Halma SE udah sampe toh, dan dua bus terakhir itu jalan duluan.
06:13 Kisaran.
08:09 Simpang Medan, Tebing Tinggi.
08:59 GT Perbaungan. Yesss akhirnya menikmati juga tol di Sumatera. Tol ini masih cukup kinyis-kinyis alias masih cukup baru diresmikan.
09:14 Exit GT Kuala Namu. Jelang simpang di Tanjung Morawa malah kejebak macet karena lampu lalu lintas yang mati, hadeeeehhh.
09:49 Polda Sumatera Utara.
10:02 Finish di seberang loket RAPI, jalan Sisingamangaraja. Busnya gak masuk loket di SM Raja, lah loketnya aja gak buka. Keberangkatan MH Group pindah tempat.
Eh jam 11 lewat ketemu sama Sempati Star. Kesiangan nih yeee. Tapi masih gak ketemu juga sama Baho Do Au, entah disalip atau emang gak disalip. Sementara itu, si Makmur tronton 7067 sudah sampai duluan, kres sama dia ke arah Morawa. Mau ngapain kali?
Overall. Rekomen lah naik Makmur 2542 yang jam 20:00


DETAIL BUS

Bus: Makmur (PT Pratama Makmur Jaya)
Nomer Plat Bus: BK 7064 UD
Kelas: Royal Class seat 2-2 / Tronton 2542 / Executive
Jurusan: Pekanbaru - Medan
Tarif: 230.000
Nomer Kursi: CC / CC 2 (1B)
Jumlah Kursi: 34 + 2 (di smoking area)
Merk Kursi: Aldilla
Sasis: Mercedes Benz OC 500 RF 2542
Bodi: Jetliner (karoseri Rahayu Santosa)
Fasilitas: AC, audio, toilet, rec.seat, leg rest, selimut, bantal, snack, sekat depan dan belakang
Waktu Tempuh: 13 jam dan 53 menit


PENILAIAN

+ Cepat a.k.a banter. Bus yang jalan duluan aja disalip. Walau disalip balik juga sam RAPI hahahahaha.
+ Leg room sebelah kiri dan sebelum pintu tengah selonjoooorrr.
+ Masuk tol Tebing Tinggi – Kuala Namu untuk pertama kalinya buat saya. Keren.

- Kursi Aldilla sudah tidak cocok buat saya. Badan dan kepala saya pegal dan sakit.
- Ada stiker pekat (tidak transparan) di atas topi. Jadi terasa seperti SHD nya Adi Putro.
- Tercium bau asap rokok di kabin penumpang. Entah asapnya dari bagian depan atau bagian belakang.

Silakan tonton versi video trip report di Youtube. 

Baca juga catatan perjalan etape 2 dan 3 (Medan - Banda Aceh PP).
Klik Battle of Scania K410: Sempati Star SDD vs Sanura SHD



MEDAN – PEKANBARU


Setelah tiba dari Pekanbaru, saya langsung ke loket RAPI di jalan Sisingamangaraja. Di etape terakhir ini awalnya saya pengen naik RAPI yang kelas Royal Exe atau Super Exe dengan tujuan akhir Jambi jam 15:30 berdasarkan info di bosbis. Eh kata petugas loketnya yang Royal Exe ke Pekanbaru cuma jalan jam 18:30, lah gak keburu masuk kuliah. Setelah pikir panjang akhirnya pergi aja dari loket RAPI dan beli tiket go show. Alamat gagal naik RAPI dan Legacy series untuk pertama kalinya nih. Saya berharap sih bisa ngejar Putra Pelangi ke Padang yang jalan jam 9 pagi.

Senin, 23 Oktober 2017

Setelah tiba dari Aceh jam 9 lewat, yang artinya Putra Pelangi ke Padang udah jalan. Akhirnya saya putuskan untuk istirahat sebentar sambil berpikir di Masjid seberang loket Sempati Star. Karena gak memungkinkan untuk naik bus yang bagus yang jalan malam, akhirnya naik yang siang aja. Pilihannya ya RAPI jam 13:00 atau Medan Jaya ke Jakarta yang jamnya kurang lebih sama.

Setelah tiba di jalan Sisingamangaraja, belum ada bus di loket Medan Jaya. Mau masuk dan nanya armada apa yang jalan pun malas. Saya sih ngincer yang Golden Dragon, kali aja gitu. Di seberangnya ada NPM Euroliner yang siap jalan. Agak malas sih naik NPM, kalo yang jalan O500R 1836 atau Golden Dragon boleh lah, langsung beli tiket. Akhirnya maju ke loket RAPI. Udah stand by RAPI napin Hanam kelas ekonomi 1526 Discovery ala Maxibus, di belakangnya ada O500R 1836 dan 1526 Ulysses. Tanya ke driver yang lagi di busnya berangkat jam berapa, ternyata jam 1, pas lah. Langsung beli tiket naik Ulysses. Eh kebagian seat agak kebelakang.


11:58 Disco Hanam jalan.
13:06 RAPI Ulysses diberangkatkan menuju Jambi. Cukup ramai juga bus, ada kali 70% kursi terisi.
Mepet alias sempit
13:46 Terminal Lubuk Pakam.
14:17 Pasar Bengkel.
15:15 Tebing Tinggi. Sepanjang jalan banyak berhenti buat naikin penumpang dan paket. Mantapnya 1526 NG ini, gak ada bunyi kriyet-kriyet, eh tapi kriyet-kriyet muncul pad udah masuk Riau.
17:40 Melewati kantor Bupati Asahan.
17:48 – 18:17 RM Mega Sari. Ke toilet dulu udah kebelet abis itu baru makan. Saya makan pake nasi (tambah) dan ayam bakar dengan sambal kecap. Ayamnya gila! Gede banget! Biaya makan 28.000, standar lah. Ayamnya enak, sambal kecap mantap, tapi nasi agak keras.

21:25 Rantau Prapat.
23:20 Bagan Batu. Eh ternyata dia gak masuk RM Sherli. Alamat tahan lapar nih.
01:58 Melewati loket RAPI di Duri.
02:55 Kandis. Eh dia gak masuk rumah makan di Kandis. Makin laper aja nih. Walau Pekanbaru udah deket, tapi mana ada rumah makan buka sebelum Shubuh kaya gini.
04:28 Akhirnya tiba di loket RAPI jalan SM Amin, Pekanbaru. Saya turun dan duduk sejenak di loket sambil cari ojek online di aplikasi, dan pada jauh semua. Akhirnya saya putuskan untuk nebeng Ulysses sampai pertigaan Tabek Gadang.
04:50 Tiba di pertigaan Tabek Gadang. Terima Kasih untuk para kru.
ULYSSES

DETAIL BUS

Bus: RAPI (PT Raja Perdana Inti)
Nomer Plat Bus: BK 7304 UA “Ulysses”
Kelas: AC Toilet
Jurusan: Medan – Pekanbaru – Jambi
Tarif: 195.000
Nomer Kursi: 26 atau 7B
Jumlah Kursi: 36 + 4 (di smoking area)
Merk Kursi: Versa (kalau tidak salah)
Sasis: Mercedes Benz OH 1526 NG
Bodi: All New Legacy SR-1 (karoseri Laksana)
Fasilitas: AC, TV, audio, toilet, rec.seat, foot rest, selimut, bantal sekat depan dan belakang, seat belt, colokan listrik di hampir setiap baris di dinding
Waktu Tempuh: 15 jam dan 22 menit


PENILAIAN

+ Cukup mosak-masik banter
+ Masuk Pekanbaru gak kepagian

- AC dingin banget. Padahal penumpang ada 40 lebih.
- Kursinya keras, gak nyaman.
- Leg room sempit.
- Kru menyalakan lagu di kabin pada malam hari dengan suara yang cukup mengganggu tidur.
- Istirahat cuma sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar