Rabu, 25 Oktober 2017

Battle of SCANIA K410: Sempati Star SDD vs Sanura SHD

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.


Baca juga catatan perjalan etape 1 dan 4 (Pekanbaru - Medan PP).
Klik Pekanbaru - Medan PP: Raja Medan-Riau vs Raja dari Medan


MEDAN – BANDA ACEH


Di etape ke-2 (Medan – Banda Aceh) ini saya harus naik Sempati Star Double Decker di dek atas. Alasannya? Sudah 2x ke Aceh, tapi belum sempat icip-icip si DD dan pengen aja nikmati pemandangan pagi di Aceh dari dek atas. Mengenai tiket, saya pesan lewat telepon. Tadinya saya mau berangkat ke Aceh hari Jumat (start PKU hari Kamis), eh tapi kata petugas tiket SS, semua armada DD penuh bawa rombongan. Kurang ajar! Siapa sih yang sewa? Tajir amat kayanya. Akhirnya saya undur satu hari dengan armada DD Panoramic.

Sabtu, 21 Oktober 2017

Setelah tiba dari Pekanbaru dan istirahat beberapa jam, saya melanjutkan perjalanan ke pool / loket Sempati Star di Pondok Kelapa naik angkot 64, banter dan mosak-masik lah angkotnya hahahaha. Sampai di loket, saya tebus tiket dan busnya berangkat sekitar jam 20:30, gak bisa dipastikan katanya. Lah geblek?!?! 
Malam harinya, saya lapor / cek in ke loket dan dapet nomer plat 7898. Lah DD Panoramic mah 7911 sama 7922, kalo 7898 mah Scania yang udah stand by di loket. Kata petugas loketnya si DD Panoramic gak jalan. Bedebah!!! Pesen apa, dapet apa!!! Jadi gak semangat lah, touringnya jadi loyo. Sebenernya, rencana awal saya emang naik DD Scania sih, tapi berubah ke Panoramic karena yaaa keren aja gitu. Ya udah lah, emang gak keliatan juga sih DD Mercy 2542 dari tadi. Untungnya juga, DD Scania ini gak ada stiket Super VIP yang halangin pandangan.

Selonjorrr

20:17
Non Stop K410 Panoramic jalan. Buru-buru amat sih. Ada masalah di sini, AVOD saya gak nyala! Duh bener-bener dah! Sue amat!
20:57 Patas VIP K410 Panoramic jalan.
21:03 Akhirnya, setelah satu jam lebih duduk di dalam bus, Double Decker K410 7898 jalan. Tapi ngetem dulu di seberang. Kan geblek! Kalo mau cek penumpang mah di loket aja. Kalo di seberang gini kan bikin macet jalan. Masalah datang lagi, GAK DIBAGIIN SNACK!!! Sialan! Udah tiket paling mahal! AVOD mati! Gak dapat snack lagi! Sial amat yah.
21:52 Binjai.
22:31 Tugu Stabat, Langkat.
22:56 Tanjung Pura.
00:02 Perbatasan Sumatera Utara – Aceh. Di sini ada operasi rutin dari kepolisian, si DD sama Kurnia 2542 dan Sanura K410 mah melenggang aja.
00:26 Kuala Simpang.
01:45 Peureulak.
05:13 Peudada sekaligus disalip Sanura K410. Cukup lama juga terlelap. Maklum lah, badan capek di tambah kursi yang nyaman.
05:35 – 06:00 Solat Shubuh di Pandrah, Bireuen bareng Kurnia 2542, Sempati Star Patas VIP K410 Panoramic, dan Sempati Star SHD K360.
07:15 Masuk terminal Sigli.
08:01 Melewati Bumi Perkemahan, Seulawah. Di Seulawah, terjadi masalah dengan Scania K410. Di K410 gak bisa di bawa dengan kencang entah kenapa. Jalannya pelan banget, agak kencang kalo turunan doang. Kalo diadu sama MB 1521 juga menang tuh MB 1521. Saya sih santai aja, semakin siang sampe Banda Aceh, semakin baik.
09:58 Akhirnya tiba di terminal Batoh, Banda Aceh. REKOR TERLAMA di rute ini, tapi bagus lah, jadi waktu singgah di Banda Aceh gak kelamaan.


DETAIL BUS

Bus: Sempati Star (PT Bintang Sempati Star)
Nomer Plat Bus: BL 7898 AA
Kelas: Double Decker dek atas / Super VIP
Jurusan: Medan – Banda Aceh
Tarif: 250.000
Nomer Kursi: 1B
Jumlah Kursi: 36 (dek atas) + 4 (dek bawah) dan 2 kasur (sleeper di dek bawah)
Merk Kursi: Aldilla
Sasis: Scania K 410 IB Opticruise
Bodi: Jetbus2+ SDD (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, audio, toilet, rec.seat, leg rest, selimut, bantal, WiFi, AVOD, colokan listrik di bagasi
Waktu Tempuh: 12 jam dan 55 menit


PENILAIAN

+ Kursi Aldilla yang dipakai SS DD nyaman
+ Sama seperti Makmur tronton. Leg room sebelah kiri sebelum tangga lebih lega.
+ Hot seat super selonjooorrrr.

- Gak dapat Snack.
- AVOD mati.
- Harga tiket paling mahal untuk seat 2-2 di rutenya.



BANDA ACEH – MEDAN


Setelah tiba dari Medan, saya langsung menuju loket Sanura untuk tebus tiket. Eh tapi ternyata nama saya gak ada di daftar penumpang hari ini untuk armada K410. Padahal saya udah pesan lewat telepon untuk kursi nomer 5. Tapi akhirnya dapet juga seat nomer 1 hahahhahaha. Rezeki pagi anak soleh. Pesen kursi nomer 5, eh gak terdaftar, eh malah dapet hot seat. Saya sih sebenernya gak incer hot seat karena pengen istirahat dan topinya SHD yang mengganggu pandangan. Tapi nikmati aja. Ada satu lagi rezeki pagi anak soleh. Pas proses pembelian, si petugas tanya sama saya berapa harga yang biasa dikasih. Wah, kaya PMTOH kemaren nih. Saya aja baru kali ini naik Sanura, malah ditanya gitu. Saya jawab aja kaya biasanya aja (maksudnya harga biasa untuk armada ini). Eh malah ditulis 180.000 hahahaha kaya yang Patas biasa tarifnya. Yaudah, gak udah interupsi lagi. Mayan hemat gocap hahahaha. Saya sih udah tau kalo Sanura yang K410 Top Class ini tarifnya 230.000. Saya juga dapet info di Facebook kalo Sanura dari Banda Aceh tarifnya bisa nego. TERIMA KASIH YA ALLAH DAN TERIMA KASIH KEPADA PETUGAS LOKET SANURA TERMINAL BATOH, SEMOGA REZEKINYA LANCAR DAN ARMADANYA PENUH TERUS.
Abis dari terminal saya menuju Masjid Raya Baiturrahman, rencana sih naik Trans Koetaradja, eh tapi gak lewat-lewat. Akhirnya naik ojek online aja, pas udah pesen malah lewat tuh Trans Koetaradja. Asem bener dah!

Malam harinya saya tiba di terminal Batoh atau kurang dari 30 menit sebelum jam keberangkatan bus saya. Kalo 2x touring kemaren sih udah di Batoh pas sore masih terang, tapi untuk kali ini pengen aja menikmati kota dan Masjid Raya di malam hari. Lagipula udah gak nafsu lagi foto-foto bis. Tiba di loket langsung lunasin tiket karena tadi pagi uang saya gak cukup untuk lunasin tiket. Udah diskon gocap masih gak cukup juga duitnya hahahahah.

Malam ini busnya gak sebanyak pas pertama kali ke Aceh. Apalagi kali ini gak ada penampakan Royal dan New Pelangi, PMTOH pun cuma jalan 1 unit. Dan mayoritas juga pada jalan sebelum jam 21:00.
Selonjorr
21:11 Memulai perjalanan balik ke Medan. Eh dikasih Le Minerale loh. Mayan lah walau gak ada snack, daripada kaya bus sebelumnya yang pelit ntuh.
21:38 Indrapuri.
23:30 Sigli. Driver pertama mengemudi dengan cukup konstan di angka 80-100, kadang di atas 100-115. Alus dan cocok buat tidur lah. Drivernya masih muda loh, keliatan umurnya di kepala 2.
23:45 Beureuneun.
00:42 Pidie Jaya. Sepanjang jalan dari Sigli sampe entah di mana tau, selalu sama PMTOH. Sesekali ketemu Kurnia 1836 Skyliner, Harapan Indah 1836, dan Sempati Star.
00:47 Bireuen.
03:04 Lhoksukon.
04:05 Idi Rayeuk. Penumpang di sebelah saya turun. Eh malah ada yang nyosor duduk di sebelah saya. Huh!
05:48 – 06:10 Solat Shubuh di Masjid Jami Thursina, Kebun Tengan, Aceh Tamiang bareng Harapan Indah 2542.
06:24 Perbatasan Aceh – Sumut. Bus dipacu dengan cukup cepat, “jam’e mepet boss” nih kayanya.
07:37 Tanjung Pura.
08:07 Tugu Stabat, Langkat.
08:21 Binjai. Lalu lintas Binjai yang ramai pun tetap dipacu kencang oleh driver yang cukup muda. Driver dua ini pas pergantian malam tadi gila juga yah, baru bangun tidur dan langsung bikin jarum speedometer mentok aja.
09:11 Tiba di loket Sanura jalan Gagak Hitam / Ring Road. Pas 12 jam perjalanan.


DETAIL BUS

Bus: Sanura (PT Sanura Tiga Dara)
Nomer Plat Bus: BL 7367 AA
Kelas: Top Class / Patas VIP
Jurusan: Banda Aceh - Medan
Tarif: 180.000 (aslinya 230.000)
Nomer Kursi: 1 atau 1A
Jumlah Kursi: 34 + 2 (di smoking area)
Merk Kursi: Rimba Kencana
Sasis: Scania K 410 IB Opticruise
Bodi: Jetbus2+ SHD (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV, audio, toilet, rec.seat, leg rest, selimut, bantal, air mineral 600ml, WiFi, sekat depan dan belakang, colokan listrik di kursi dan bagasi
Waktu Tempuh: 12 jam


PENILAIAN

+ Kursi nyaman dan selonjor
+ Selimut (bed cover) besar, tebal, wangi, dan hangat.
+ Tiket diskon gocap hehehe.


- Hot seat gak ada colokan listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar