Selasa, 02 September 2014

Catatan Perjalanan (catper/caper) Tangerang-Kediri dengan Rosalia Indah

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 40.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.


Hai semuanya, newbie di sini ingin berbagi pengalaman saat naik bis malam/AKAP. Langsung aja ya tanpa panjang lebar. Tulisan kali ini saya kasih judul "38 jam menuju Kediri bersama Rosalia Indah 397".

Bulan Mei 2014 setelah pengumuman hasil UN SMA (alhamdulillah lulus), saya sudah berencana untuk kursus di Kampung Bahasa, Pare-Kediri, Jawa Timur. Belum ada kepastian kapan berangkat, tapi sudah pasti naik bis, maklum saya lebih suka naik bis dibanding kereta. Kenapa? Kan lebih murah naik kereta? Saya pengen jalan-jalan melihat kota orang yang belum pernah saya kunjungi/lewati dan pengen rasain lagi naik bis setelah bertahun-tahun ga pernah naik bis malam lagi, lagipula klo nik keret cuma liat sawah doang.

H-3 masih bingung mau naik bis apa. Pilihannya ada Rosalia Indah, Harapan Jaya, Rukun Jaya. Ke-3 PO bis ini punya agen di Cikokol, Tangerang. Sempet searching di twitter dan di mbah google.

H-2, oke deh saatnya cari tiket takut kehabisan. Pilihan pertama jatuh ke Rukun Jaya. Kenapa Rukun Jaya? Karna bis ini ada fasilitas WiFi (idaman semua orang, GRATIS itu motto hidup hehehe). Siang hari bertolak menuju Cikokol, saya belum tau di mana agennya. Saya tanya beberapa tukang ojek tapi mereka tidak tau bahkan baru tau ada bis yang namanya Rukun Jaya. Oke deh telpon aja agennya, gak aktif. Telpon lagi agen RJ yang di Terminal Poris, nomernya sudah bukan milik RJ lagi. Waduh bijimana ini. Mau naik Harapan Jaya engga tau juga agennya, masa naik Rosalia lagi. Setelah berpikir keras akhirnya fix naik Rosin lagi. Langsung ngatjir ke agennya. Dapetlah tiket batalan penumpng lain, langsung saya tebus dengan 5 uang biru dan kembalian 1 uang ungu. Alias Rp 240.000 untuk kelas Executive. Fasilitasnya 34+1 seat, toilet, bantal, selimut, 1x makan, rec.seat. Keberangkatan jam 12 siang, seat 4D.


Jum'at, 23 Mei 2014

Saya masih berfikir kok aneh banget ya Rosalia Indah jalan saat jamnya solat Jum'at. Jam 11 kurang ada sms dari agen Rosin. Isi smsnya suruh kumpul jam 2 di agen, syukurlah kirain sudah gila ini PO. Setelah Jum'atan ane masih nyantai, jam 1 kurang hujan deras. Waduh bijimana ini mau naik angkot ujan begini. Akhirnya jam setengah dua saya dianterin sama seorang mahasiswa paman saya naik mobil dia ke agen, makasih bro cendol menyusul (kaya di kaskus aje). Pas jam 2 dan pas di sebrang agen ane di telpon sama agen karna bisnya nunggu saya doang, maap pak ujan ini. Pamit makasih sama masbro yang anter saya, langsung saya check in ke agen. Di situ udah nangkring bis Rosin nomer 397 dgn chasis Mercedes Benz OH 1626 built up Air Suspension bodi Jetbus HD dari karoseri Adi Putro. Rute asli Bitung-Blitar. Pict ane ambil di twitter, dan penumpang yg upload foto ini 1 bis sama ane.

Jam 2 lewat 5 take off dari agen Cikokol (dikira naik pesawat, take off) menuju agen di Kalideres, biasanya butuh waktu 20-30 menit, kali ini lebih dari 40 menitan. Sepanjang jalan ane ngobrol dengan mahasiswa yang mau pulang ke Solo, masbro ini dulu SMK nya ditempat yang bikin mobik ESEMKA itu, tapi yang bikin juniornya. Lepas Kalideres, ternyata lewat Kb.Jeruk-Tomang, loh kok? Awal tahun kemaren gak lewat sini (naik Rosin juga, tujuan sama, tapi bis nomer 399). Jam 4 lewat masuk terminal Rawamangun, di sini saya menunaikan solat asar. Lepas Rawamangun jalan bareng Rosin 401 kelas Super Executive rute Bitung-Madiun langsung kena macet tol dalam kota, aduh 3 jam masih Tangerang-Jakarta aje.

Hari mulai sore, sebelum maghrib bis menepi di bahu tol. Sepertinya ada masalah, salah seorang bapak-bapak kasih tau kalo tali kipas di mesin putus. 1 jam lebih berhenti, beberapa penumpang beli makanan di rest area tepat di sebelah bis berhenti, saya pun buka puasa karena saya lagi puasa nazar. Lalu bis jalan lagi tapi ya engga ngebut, bahkan dibalap/diasapi Primajasa dengan mudah. Keluar Dawuan lalu disambut bis Rosin dari arah berlawanan, sepertnya supir bis tsb suruh bis ini putar balik karna macet, benar saja pas mau muter sudah terlihat kemacetan, bis Raya yang ada di belakang pun ikut juga. Masuk tol dan keluar tol lagi, 15-30 menit keluar tol kena macet lagi. Aduh, macet lagi, mana belom makan nasi pula. Jam 10 malam masih di Kalijati (dari map twitter di BB). Sial, ternyata jalan ditutup deket markas TNI kalo ga salah dan harus puter balik. Saat menuju tol supir Rosin 397 ini juga kasih tau supir bis lainnya. Bejeu, Sinar Jaya, Harapan Jaya, dll ikut dalam euforia kemacetan ini. Sisa waktu saya tidur dan saya gak dapet solat maghrib+isya.


Sabtu, 24 Mei 2014

Jam 12an saya terbangun dan terasa bis melambat, oh macet. Tapi kok ujung-ujungnya minggir, yah putus lagi deh tuh tali kolor eh tali kipas. Tepat di depan agen Rosin Cikopo bis Rosin NL 397 storing. Jam 1 jam 2 masih belom jelas, nasib saya dan penumpang lainnya luntang-lantung maklum baru pertama kali ngerasain storing. Sempet nanya ke pak supir, "ada armada bantuan apa engga", pak supir jawab engga ada kalo mogok lagi tuh bis bantuan ya percuma, jadi storing. Abis itu makan pop mie di warung sekalian ngecharge. Jalanan terlihat kemacetan dan semakin menjadi, dominasi truk besar. Adzan subuh berkumandang, saya dan beberapa penumpang solat subuh. Jam 6 lewat bis ini jalan lagi, emang lagi sial ya, bis udah bisa jalan tapi engga jalan karna macet sudah menyambut, kemudian tertidur karena ngantuk abis.


Sumber gambar: Google / tertera

Jam 12 siang (24 Mei) baru masuk RM Sari Boga, Indramayu utk servis makan. Saya langsung solat dulu zuhur+asar, abis itu langsung sikat tuh prasmanan. Kali ini sial lagi, lauknya lele. Apes emang ane makan nasi pake bihun goreng aja, dan teh manis tanpa es. Buset deh udah cuaca panas + bete kaga ada es, yasudah lah emang nasibnya begitu, enjoy aja. 30 menit kemudian jalan lagi. Sepanjang jalan yang saya temui hanyalah kemacetan. 24 jam perjalanan baru masuk Jawa Tengah. SKIP...SKIP sepanjang jalan saya cuma main hp, liat macet dan tidur.

Jam 6an sore masuk RM Sari Rasa, saya pikir cuma kontrol biasa, tapi kok ke belakang dan parkir di  tempat servis makan zona Rosin. Benar aja, pak supir beritahu kami untuk makan, ini servis makan tambahan/bukan biasanya. Dan di sini akhirnya saya bisa makan makanan yang rasanya mantap, terbaik se-Pantura. Setelah makan langsung solat maghrib+isya. 40 menitan bis jalan lagi masuk Semarang macet lagi. Dari arah berlawanan terlihat bis muriaan. Gak bisa nonton Final UCL nih. Jam 9an masuk tol.

Jam 11 lewat mampir dulu di markas Rosalia Indah di Palur utk cek dan oper penumpang. Abis itu mercy 1626 ini minum di SPBU nya Rosin. Jam 11 lewat langsung caw Jawa Timur. Untungnya gak mampir terminal lagi.


Minggu, 25 Mei 2014

Madiun-Nganjuk lewat dan jam 4 subuh saya turun di depan terminal Tamanan Kediri. Bis lanjut ke Tulung Agung - Blitar sementara saya ga bisa nonton final UCL full.

Tamat. Terima kasih banyak untuk 2 pak supir dan 1 kru yang engga nunjukin muka negatif walau lelah. Terutama pak supir yang lumayan ramah.

Penilaian ane utk keramahan ya lumayan, tapi saya masih lebih suka keramahan supir+kru Rosin 399 (rute sama dengan 397). Utk kenyamanan, standar kelas exe lah walau tanpa legrest dan wifi. Oh iya, kalo bisa menu makan jangan lele dong dan variasi menu lauknya diperbanyak utk servis makan di rumah makan Rosalia Indah punya.




DETAIL BUS


Bus: Rosalia Indah (PT Rosalia Indah Transport)

Kode Bus: 397

Kelas: Executive

Jurusan: Bitung – Rawamangun – Solo – Blitar

Tarif: 240.000

Nomer Kursi: 4D

Jumlah Kursi: 36

Merk Kursi: Aldilla

Sasis: Mercedes Benz OH 1626

Bodi: Jetbus HD (karoseri Adi Putro)

Fasilitas: AC, TV, audio, toilet, bantal, selimut, rec.seat, foot rest, servis makan.

Waktu Tempuh: ±38 jam

1 komentar:

  1. Rekor 38 jam Jkt ke Madiun ud bs nyampe Denpasar 36 jam pengalaman ane dulu naek OBL

    BalasHapus