Selasa, 06 Februari 2018

Pekanbaru – Tangerang via Joglo (Jogja-Solo) | Rosalia Indah Super Top SHD Scania K360

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)

Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.

Pekanbaru – Tangerang via Jogja-Solo? Iya benar, tidak salah. Ini adalah catatan perjalanan saya menuju Tangerang yang disempatkan untuk touring jarak menengah. Hampir satu tahun tidak merasakan Pantura Jateng, Cipali, dan servis makan membuat saya ingin merasakan kembali touring di Jawa, kebetulan udah cukup penat juga touring Sumateraan yang rutenya itu-itu aja.

Rencana awal saya adalah naik pesawat langsung menuju Jogja lalu menuju Tangerang lewat Solo? Kenapa Solo? Wajib bin Harus servis makan di Sari Rasa (SR), rumah makan yang makanannya selalu memuaskan. Kebetulan jadwal penerbangan langsung PKU-JOG itu masih pagi dan tiba di Jogja belum jam 12 siang, jadi masih bisa kejar bus ke Barat.

Armada pilihan pertama, yaitu Kramat Djati Executive seri 6 tujuan Pondok Pinang. Kenapa? Karena selonjor, makan di SR, tarif masih terjangkau, dan pengen coba Hino RN atau sasis yang Air Suspensionnya topang sasis langsung (sama seperti 1626, bukan kaya Scania atau OC500RF). Tapi minusnya adalah tujuan akhirnya di Pondok Pinang dan harus keluar biaya ekstra untuk ke Tangerang. Pilihan kedua adalah Nusantara NS-01 atau NS-04. Pengen coba juga naik Nusantara. Kebetulan juga makan di SR. Eh tapi  tujuan akhirnya juga gak di Tangerang dan harus naik Patas dulu dari Giwangan/Jombor ke Sukun setidaknya. Tarifnya pun lumayan juga sih, apalagi NS-01. Keunggulan kedua pilihan ini adalah sama-sama bisa beli via Redbus yang juga ada diskonan 10% + 25% cashback dan atau 40.000. Tapi buat Nusantara kok kaya ada biaya admin sekitar 18.000 yah, jadi agak males yah. Pilihan ketiga, yaitu Rosalia Indah Super Top. Yah, Rosin lagi, walaupun Super Top sih. Saya sendiri juga masih penasaran sama kelas Super seat 2-1 nya karena udah 2x gagal. Akhirnya keputusan final didapat. Setelah menimbang dan melihat sisi baik dan buruk, akhirnya naik Rosalia Indah Super Top.

Oh iya, saya sempet kepikiran juga untuk naik pesawat langsung ke Surabaya saat tarifnya lebih murah dibanding pesawat ke Jogja. Jadi dari Surabaya nanti naik Gunung Harta sekaligus nostalgia karena terakhir dan pertama kali naik GH itu Desember 2014. Ditambah di easybook ada promo 30%. Tapi karena ragu dengan pembelian tiket lewat easybook, saya coba email dan sms kontak yang tertera di gununghartasolutions.com, tapi gak ada respon. Yaudahlah, mantapkan naik Rosin Super Top aja. Ribet kalo masih penasaran. Entah kapan bisa naik RI ST dari Timur.

Kamis, 11 Januari 2018
Siang hari pas nunggu motor dicuci di tempat cucian motor, saya iseng buka aplikasi Tiket dan cek pesawat PKU-JOG. Tiba-tiba posisi teratas (dan termurah) menampilkan harga 760.000 untuk tanggal 15, padahal kemaren dan tadi pagi masih di angka 837.000. Alhamdulillah. Akhirnya saya langsung booking dan ditambah potongan harga 75.000. Jadi, tiket pesawat PKU-JOG saya dapatkan dengan harga 685.000.

Eh Alhamdulillah, pas juga website Rosalia Indah udah bisa beli online, setelah beberapa hari sebelumnya selalu tertulis “HABIS” karena lagi bermasalah sepertinya. Sorenya saya langsung booking ST dari Kartosuro ke Cikokol, naik armada yang dari Madiun seharga 265.000. Pesannya mudah, kaya di Tiket, Traveloka, maupun Lorena Transport. Minusnya juga gak bisa pilih seat. Secara otomatis saya langsung ditempatkan di seat 1A. Sementara saya lebih suka seat yang agak kebelakang karena ada AVOD (seat terdepan gak ada AVOD). Tapi pas bayar (saya bayar di Indomaret) ada biaya 7.700. Yah gak apa lah. Setelah bayar langsung masukin kode booking di website di tab ‘cek status’ dan ‘cetak tiket’, setelah itu saya simpan PDFnya. Saya males print, yakali harus repot print dan keluar 1000. Lagi pula bisa cetak tiket di agennya.

Senin, 15 Januari 2018
08:10 Perjalanan diawali dengan naik sasis yang terkenal suosss, Hino RK8 punyanya Trans Metro Pekanbaru dari halte Suka Karya. Harusnya sih saya udah jalan jam 7:30 an, tapi telat karena telat bangun. Jadinya buru-buru.
08:40 sekitar jam segitu udah transit di halte Sudirman depan RS Awal Bros. Berharap banget bisnya langsung dateng dan jalan. Setelah nunggu sebentar, TMP koridor 1A (Ramayana – Bandara SSQ II) tiba, tapi gak langsung jalan. Haduuuuhhh jam’e mepettt. Sempet gregetan juga jam 9 kurang 10 bahkan sampai jam 09:00 masih belom jalan. Padahal pesawat jam 09:40 dan boarding jam 09:10. Sementara perjalanan ke SSQ II butuh 10 menit, mana belom ada boarding pass pula walaupun udah web check in.
09:03 Akhirnya injak pedal gas juga. Gilaaa hampir aja ngojek, lagian males juga keluar duit lebih hehehe. Mepettt abisss.
09:12 Turun bis dan langsung jalan cepat menuju counter Singa Merah.
Seperti yang sudah diduga. Sebelum scanning pertama, pasti jalan agak lamban karena pengantar yang ramai, orang-orang yang jalannya kaya keong, dan scanning yang ramai, untungnya sih gak rame-rame amat. Abis scanning liat ada self check in, coba dulu. Pas udah input data tapi gak keluar-keluar tuh boarding pass. Akhirnya cusss aja ke counter. Antrian di counter yang buka cukup ramai, tapi saya ke counter yang sebelahnya aja yang kosong (karena ga ada tulisan open di layar). Alhamdulillah masih dapet boarding passnya, bahkan tanpa kasih bookingan dan identitas, kayanya sih saya yang terakhir.
Naik ke atas menuju ruang tunggu saya tanya ke petugas mengenai flight ke Yogya, soalnya gak ada aktivitas boarding, eh ternyata belom boarding, alhamdulillah. Bahkan saya jadi penumpang pertama yang boarding.
09:25 Boarding.
09:51 Pushback setelah 3 atau 4 pesawat militer lepas landas. Entah pesawatnya jenis apa, pastinya sih pesawat tempur.
12:32 Touch down Adi Sutjipto, Yogyakarta. Lha? Lama amat 2,5 jam lebih? Iya lama, wong harus tawaf dulu di langit Jogja. Gila kali yah, sebegitu ramenya traffic Adi Sucipto sampe harus muter 7/8 kali di sekitar 25 km barat Adi Sucipto. Sakit jiwa. Paling parah seumur hidup. Di Soekarno Hatta, Kuala Lumpur, bahkan Changi aja gak pernah saya alami kaya gitu.
Pertama kali menginjakkan kaki di bandara ini rasanya senang dannnn kuno. Ya, kuno. Gak ada garbarata, conveyor belt sedikit, AC gak dingin, musholla kurang besar, banyak supir taksi. Tapi enaknya bandara ini mudah diakses. Letaknya di jalan raya Jogja-Solo. Ada stasiun kereta Maguwo, ada Trans Jogja juga.

Perjalanan saya selanjutnya menuju Kartosuro. Karena info yang saya dapat gak bisa naik bus dari depan bandara, jadinya saya naik TJ (bukan Trans Jakarta loh ya) dulu ke Giwangan, itung-itung keliling Jogja kecil-kecilan.
13:10 Start TJ koridor 3B. Ini TJ biar kata BRT tapi jalannya banter, kaya Eka / SR aja. Goyang kanan kiri sambil klakson. TMP aja gak pernah sebanter ini. TJ ini juga dingin AC-nya. Petugasnya ramah pula (lebih ramah dari TMP).
13:15 Kres dengan Eka Double Glass RK8 di sekitar Janti. Oh iya, tarif TJ Cuma 3.500, lebih murah gopek daripada TMP.
13:26 Kota Gede. Silver City (bener kan?). Ternyata kaya gini toh Kota Gede, setidaknya pernah ke sini walau Cuma numpang lewat doang. Di dan setelah Kota Gede ternyata melalui jalan yang cukup kecil, hebat juga yah rutenya, asik.
13:34 Finish Giwangan.
Langsung menuju shelter. Banyak armada Patas yang sudah siap seperti bEST, Eka, Efisiensi, Haryanto 1626, dan Nusantara 1525 kuning. Pas liat Eka kok kurang manteps yah kirain bakal dapet yang Morodadi Prima. Mau naik yang selanjutnya tapi takut gak ngejar RI ST, akhirnya naik ajalah. Awalnya saya bingung, kok gak ada bus ATB parkir di sini. Pas jalan baru tau, ternyata tempatnya beda. Pe’a amat yah, namanya juga shelter Patas, mana ada ATB.

13:53 Eka S 7198 US pushback. Ini sih bodi JB2 rombakan, dilihat dari interior dan kursi yang gak baru. Tapi untungnya sih pake kursi yang gak baru, lebih empuk. Dari suaranya mesinnya sih cukup kasar, apa jangan-jangan RG. Kalo RG muantep lah.
13:52 Start terminal Giwangan
14:13 Adi Sucipto. Eh ke sini lagi. Tapi ini bus terbilang lumayan nyaman. Kursi lawasnya empuk dan hampir gak ada bunyi kriyet-kriyet.
14:22 Prambanan.
14:42 Terminal Ir. Soekarno, Klaten. Nampak KD Jack Daniels siap jalan, salah satu spesies KD yang banter.
14:53 Overtake Restu Mulya gress dengan bodi SR2 HD Prime di depan pool Rosalia Indah, Klaten.
15:24 Finish Kartosuro, tepatnya di lampu lalu lintas sebelum tugu Kartosuro. Oh iya, ternyata Eka ini pakai RK8 setelah saya lihat stirnya, kirain RG, udah seneng aja tuh.


DETAIL BUS

Bus: Eka (PT Eka Mira Prima Sentosa)
Nomer plat bus: S 7298 US
Jurusan: Magelang - Yogyakarta – Solo – Surabaya
Tarif: 15.000
Nomer kursi: 9B
Jumlah kursi: 43
Merk kursi: Aldilla
Sasis: Hino RK8
Bodi: Jetbus2 HD (rombakan) (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV, audio, rec.seat.
Waktu tempuh: 1 jam dan 28 menit.


PENILAIAN

+ Kursi nyaman
+ Nyaris tidak ada bunyi kriyet-kriyet

- Gak dapat bodi Morodadi Prima jenis apapun 


SOLO - TANGERANG

Setelah turun Eka 7198, saya jalan kaki 10 menitan ke agen Rosalia Indah Kartosuro Baru.
15:32 Tiba di agen RI Kartosuro bareng SHD 115 (Magetan – Tangerang), sekarang Magetan – Tangerang yang isi udah SHD belasan toh, kayanya SHD 109 yang saya naikin waktu itu udah pindah ke Surabaya deh.
Tiba di agen saya ke petugas untuk print, tapi katanya sebentar dulu (mungkin lagi sibuk), jadi saya solat Ashar dulu aja. Abis solat baru minta print, kali ini yang melayani petugas perempuan. Yah untung lah, daripada yang laki-laki, biar segeran gitu mata hehehe. Abis kasih tiket dalam bentuk PDF ke petugas, abis itu di print deh, lumayan irit 1000 daripada print sendiri. Tidak lupa dikasih kupon makan juga. Petuganya ramah-ramah.
Dan ternyata saya dapet SHD 101. The First SHD Scania in Rosalia Indah, berdasarkan nomer urut. Coba saya absen armada duluya di agen RI KTS yang urutannya, yaitu SHD 115, SHD 53x, 447 (Cibubur), SHD 397 (HDD 1626), 493 (SE Pulo Gebang), 437, SHD 105, SHD 101, 439, 448, dan SHD 395.
16:16 SHD 101 masuk. Nah ini dia, thats why i hate hot seat, topinya itu loh, trus gak ada AVOD. Mana leg roomnya cukup mentok lagi buat saya yang tingginya 170-172 cm dengan panjang kaki 100-102 cm.
16:36 Injak pedal gas menuju kota Tangerang. Lepas KTS dibagikan selimut. Oh iya, yang bertugas di SHD 101 bukan pramugari, yah elahhh. Laki lagiii laki lagiii. Dannnn ini Scania K360 kayanya lagi kurang fit deh, beberapa kali terasa endut-endutan. Baru kali ini gak asik Scanianya.
17:43 – 17:49 Terminal Tingkir, Salatiga. Upload penumpang terakhir (kalo gak salah). Eh iya, WiFinya abis kuota hahahahaha.
17:54 GT Salatiga. Akhirnya, full tol menuju Semarang dari Salatiga. Di tol ini biasa aja speednya. Pas turunan bisa 120, tapi pas nanjak bisa 60 ke bawah. Driver pinggir juga kebanyakan main HP, hadeeehhh.
18:22 GT Banyumanik.
18:25 GT Tembalang bersama Trans Jakarta MB 1526 NG yang habis rilis dari Lucksana eh Laksana.
18:34 GT Manyaran bersama HarJay H418 Hino RN dan HR12 Zeppelin Setra.
18:59 Melewati terminal Mangkang.
19:12 Diovertake Sudiro Tungga Jaya warna merah, kayanya sih Kimmoura. Suara Hinonya kasar amat pas ngegas.
19:35 – 20:24 RM Sari Rasa, Weleri. Gak usah absen armada lah ya. Sebelum makan, solat dulu mumpung baru 1 SE aja yang tiba sebelum 101 sampe. 
Abis solat langsung makan. Ekspektasi sangat tinggi terhadap menu makan SE kali ini. Eeehhhh ekspektasi kurang sesuai dengan realita. Menu makan ada nasi hangat, sayur daun singkong, oseng tahu tempe, telur belah, dan ayam goreng serta teh, es, kerupuk, dan pisang. Sayur daun singkongnya manis, gak kaya di RM Padang yang pedes. Oseng tahu tempe mantep lah. Telur belah standar. Ayam goreng rasa diet alias gak ada garam, hambar. Kerupuk tumben gak alot. Tehnya gak manis, tapi gurih karena agak asin, kaya teh di RM di Pantura Jawa Barat. GAK ADA mie dan sambal, itu dia minusnya. Overall, biasa aja, untungnya sih corrr a.k.a anti jatah. Spending timenya juga kelamaan. Entah kenapa ya, padahalkan bisa lebih cepet di sini. Payah.
Kemudi Scania pasca Sari Rasa dipegang oleh driver tengah yang pembawaannya sedikit lebih ngotot dan mau injak gas lebih dalam daripada driver pinggir. Pergantian driver tengah ke driver pinggir lupa di mana, entah menepi di Cipali atau Bekasi Timur.
20:37 Diovertake KD Jack Daniels di depan RM Menara Kudus setelah saling OT. Dan mulai banyak kress juga dengan bus dari Barat, seperti Agra Mas, Harapan Jaya, Akas Asri, dan Laju Prima. Emang jalanan lancar kah?
20:41 Tanjakan Plelen (kalo gak salah). Terlihat KD Jack Daniels bermasalah sampai harus ngerem dalem sampai menghentak dan bahkan telihat percikan api keluar di bagian belakang. Kirain mesinnya atau kampasnya jebol. Trans Zentrum Jetbus biru juga nanjak dengan lemot, sementara 101 bisa melewati dengan santai.
21:36 Melewati terminal Pekalongan.
22:25 Petarukan.
22:41 Kress dengan 2 DD PUMA’S.
Sepanjang jalan saya banyak tidur, bahkan tidak melihat dan tau kapan masuk GT Brebes Timur. Pokoknya udah mengaspal di tol sebelum ganti hari alias sebelum pukul 00:00.
00:20 GT Palimanan. Di tol saya banyak tidur. Untung aja gak jadi buat video trip report.
00:25 Diovertake Barito 1526 dan langsung dikejar walau gak disalip balik.
02:07 GT Karawang Timur 1 bersama STJ HDD Archilles. Kirain mau ke agen Karawang kali, eh ternyata menuju Bekasi Timur lewat Karawang. Kesal tapi oke juga sih, belom pernah lewat sini juga. Dari sini udah mulai tidur ayam sampe melek poll.
03:04 – 03:12 Agen Bekasi Timur bersama 493 dan 145. Entah kenapa kalo naik atau turun penumpang itu gak bisa 1-3 menit aja, biar cepet gitu.
03:30 GT Halim 2. Di tol Dalam Kota, driver pinggir membawa bus dengan santai, tidak terkesan cepat. Saya sih agak geram, tapi mungkin karena ini kelas Super Top kali yah, makannya main konstan aja. Tapi ya setidaknya di tol DalKot yang sepi ini bisa lebih cepat jalannya, kan sampainya bisa lebih cepat juga dan lebih cepat istirahat.
03:51 GT Meruya Utama menuju Lingkar Luar Barat. Dikarenakan dari Bekasi sampai finish saya melek, saya cukup menikmati sikon kota Bekasi – Jakarta – Tangerang di pagi hari (sebelum subuh). Terutama di tol DalKot dengan gedung-gedung di sekitarnya. Hal yang tidak dapat dinikmati di Sumatera.
04:00 Terminal Kalideres. Pake masuk terminal pulak, haduh masss’eee. Buang-buang waktu aja dah! Harjay Avante RN aja gak masuk terminal, walau SHD 101 ini ada penumpang turun di terminal, tapi kan bisa di luarnya.
04:16 Melintasi Stasiun Poris.
04:18 Masuk dan langsung keluar lagi di terminal Poris.
04:23 Finish. Turun sebelum bus naik fly over.


DETAIL BUS

Bus: Rosalia Indah (PT Rosalia Indah Transport)
Kode bus: SHD 101
Kode jurusan: MA.102 (Madiun – Solo – Bekasi – Bitung)
Tarif: 256.000 + 7.700 (biaya admin jika beli online)
Nomer kursi: 1A
Jumlah kursi: 21
Merk kursi: Aldilla
Sasis: Scania K360IB Opticruise
Bodi: Jetbus2+ SHD (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV, audio, AVOD, toilet, rec.seat, leg rest, foot rest, bantal, selimut, colokan listrik, USB power plug, air mineral 600ml, servis makan.
Waktu tempuh: 11 jam dan 47 menit.


PENILAIAN


+ Pembelian mudah melalui online

- Booking online di website terkadang error
- Ada biaya tambahan atau processing fee
- Leg room kurang lega
- Waktu tempuh harusnya bisa lebih cepat 


Kok review banyak minusnya padahal naik Super Top Scania? Itu lah saya, beda dari yang lain. Review saya hampir selalu ada minusnya. Mungkin karena saya menuntut kesempurnaan 100% dalam setiap perjalanan.