Senin, 12 Oktober 2015

Pertama kali Naik Lorena: 1001 rasanya

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.

Latar belakang perjalanan ke Pekanbaru ini bermula ketika saya akan melakukan registrasi disalah satu PTN di Pekanbaru hari Senin tanggal 10 Agustus. Namun kebingungan mengahampiri saya, apakah saya langsung ke Pekanbaru atau ke Bukittinggi dulu untuk singgah. Akhirnya setelah musyawarah dengan orang tua saya putuskan untuk langsung menuju Pekanbaru.
Rabu,  5 Agustus saya menuju agen Lorena di terminal Poris utuk membeli tiket. Hasilnya nihil, sudah penuh dan harga tiket pun 450.000. Akhirnya saya menelpon agen Lorena di terminal Rawamangun untuk pesan tiket dan masih ada 1 seat kosong di seat 1C, langsung saya menuju Rawamangun naik Commuter Line disambung Metro Mini 03. Tiba di Rawamangun sekitar pukul 5 sore dan langsung DP 200.000 untuk besok ke Pekanbaru, sisa 235.000 untuk dibayarkan besok.
Mengapa naik Lorena? Pengen coba aja naik Lorena, karena armada Pekanbaru tebilang lumayan bagus, sebut saja salah satunya Skyliner yang bersasis Mercedes Benz OH 1526 New Generation.
Besok pagi secara mengejutkan ibu saya ingin menemani saya ke Pekanbaru karena saya belum pernah dan belum tau Pekanbaru. Pagi itu juga langsung  cabut ke terminal Rawamangun untuk membeli tiket tambahan untuk ibu saya. Setelah tiba di agen Lorena, ternyata seat kosong ada di baris ke 8, wah ga enak nih duduk di belakang. Esok hari? Ternyata mmasih ada 2 seat kosong di seat 2C dan 2D. Deal, tiket saya pun pindah dan tidak kena biaya pemindahan hari, langsung DP dulu 400.000.

Jum’at, 7 Agustus 2015 setelah solat Jumat saya pamit dengan saudara saya dan siap menuju terminal Rawamangun dengan Comline sambung MM 49. Sampai di terminal jam 4 sore dan langsung melunasi tiket. Sementara jadwal berangkat masih belum pasti, kata agennya nanti ditelpon kalau bis sudah dekat. Lepas itu saya solat asar, makan sore, dan ambil foto.  Jam-jam segini jam sibuknya terminal Rawamangun. Terminal dipenuhi armada tujuan Malang, Denpasar, Kudus, Jepara, dll.
Hari jelang gelap dan ibu saya tiba di terminal dari tempat kerja dan masih belum ada kepastian kapan berangkatnya Lorena LV150 ini, agen pun tidak memberikan jawaban pasti dan jelas saat ditanya. Akhirnya kami putuskan untuk solat dulu. Saat menunggu LV150 kami berjumpa bapak-bapak, kami berbicara mengenaik masalah bangunan terminal dan permasalahan serta keruwetan di PO Lorena Karina.

18:55 masuk Lorena LV120 bodi Evonext dan Lorena kelas bisinis tujuan Purwokerto-Bobotsari.
LV140 Bogor-Padang sudah berangkat, begitu pun dengan NS01, NS04, dan pasukan muriaan lainnya hanya menyisakan Damri dan Gunung Mulia. Bahkan sampai Damri sudah pulang semua pun LV150 belum muncul dan agen masih belom kasih kepastian.
 Sepi cuy

20:04 masuk LV234 Bandung-Bukittinggi bodi Skyliner. Ini lah incaran saya. Gimana dengan LV150?
21:10 terlihat sebuah bus menuju arah saya, dilihat dari lampunya tidak menunjukan Skyliner, Euroliner ataupun Jetbus2. Taraaa LV150 datang membawa badan Jetbus rombakan dengan jeroan Mercy lawas tipe 1521. Alah kecewa kali saya, sudah delay lama, dapat mobil tua pula. Enjoy wae lah.

21:41 LV150 jalan.

22:04 di overtake Pahala Kencana nano bodi numarco yang sepertinya PK divisi Bandung.
Setelah itu saya tidur dan terbangun di gerbang tol Karang Tengah. Tapi, alangkah bodohnya driver Lorena ini, dia malah membawa kami muter-muter. Dari kantor Lorena di Cikokol berputar menuju terminal Kalideres dan berputar kembali menuju terminal Poris dan kembali masuk tol Tangerang-Merak. Yailah, b*d*h kali ini sopir.
01:50 berhenti di agen Lorena Merak dan langsung menuju area pelabuhan dan mengantri masuk kapal.
Setelah masuk kapal kami langsung menuju ruang eksekutif, ruangannya nyaman dan cukup membayar 10.000 saja per orang.

04:01 kapan pun jalan.

06:20 LV150 keluar kapal.
06:57 tiba di RM Siang Malam, Kalianda untuk makan pagi. Di sini sudah ada Damri 4511 Jetbus2 Piala Mas OH1526. Di sini saya sempatkan untuk bersih-bersih dan makan. Kamar mandinya bersih dan rasa makananannya enak.

07:42 bus kembali jalan. Tak lama kemudian jalanan cukup tersendat karena ada truk dengan muatan baja.

09:02 masuk kota Bandar Lampung
09:32 mampir di agen Lorena. Di sini sempat ada ‘double seat’. Usut punya usut permasalahan ‘double seat’ ini karena kurangnya kordinasi dan human error di pool Lorena Bogor.
11:20 masuk kota Metro.
14:12 sudah di Tulang Bawang, tepatnya kami baru saja melewati museum Tulang Bawang.
14:14 masuk SPBU untuk istirahat selama 11 menit dan LV150 tidak mengisi solar.

14:54 melewati RM Gadang Jaya dan terlihat ada SAN serta ANS. Sayangnya hanya lewat, tidak mampir untuk makan di sini.
16:09 melewati Polres Mesuji

16:14 kres dengan Putra Remaja bodi Old Setra Smile SCANIA
16:34 diovertake Putra Remaja OH1526 bodi New Marcopolo
16:46 memasuki propinsi Sumatera Selatan
17:03 kres dengan Pahala Kencana Hino RG bodi All New Legacy Sky a.k.a. SkyBus trayek Palembang-Poris-Kalideres
17:09 kres dengan Lorena New Marcopolo) Pekanbaru-Bandung, Gumarang Jaya, dan Kramat Djati New Marcopolo divisi Bandung.
17:21 kres dengan Rosalia Indah NL 490 Jetbus2+ OH1526
17:31 kres lagi dengan Rosalia Indah NL 470 Jetbus2 OH1526. Tak lama kemudian kres dengan2 unit Kramat Djati.

18:50 akhirnya tiba juga di RM Pagi Sore, Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir. Disini kami bersih-bersih dan dan solat. Di sini pun sudah ada Handoyo, Putra Pelangi Perkasa OH1521, Putra Remaja OH1521 Travego Smile, Putra Remaja OH1521 Evonext GT, Mandala, dan Lorena LV151 prod.302
19:50 bus kembali jalan. Kami pun sudah membungkus makanan dari RM Pagi Sore. Sebungkus nasi plus ayam, sayuran, air mineral gelas dihargai 22.000, sangat murah untuk lintas Sumatera dan rasanya pun enak.

20:24 lewati kantor bupati OKI
22:00 bangun tidur sudah di Palembang
23:08 mampir dulu di kantor Lorena Palembang
00:57 masuk RM Musi Indah, Banyuasin. Di sini LV150 istirahat malem bersama PMTOH, Putra Remaja Travego Smile, Sari Mustika, dan Putra Persada yang berplat DK.
01:45 kembali mengarungi lintas timur Sumatera.
02:40 Sungai Lilin
05:09 tiba di RM Simpang Raya. Di sini kami Cuma bersih-bersih dan solat subuh. Makanan di rumah makan pun belum tersaji.

06:14 bus kembali jalan

06:59 masuk kota Jambi
07:11 tiba di agen Lorena di Simpang Rimbo, Jambi. Di sekitar sini ada tempat pencucian bus dan terlihat beberapa bus seperti RAPI SkyBus, Jatra SkyBus, dan terlihat satu unit Lorena Skyliner berstiker O500R 1836, wah jauh juga yah mainnya si O500R ini.
07:25 bus jalan dan menuju terminal Alam Barajo, Jambi.
08:45 makan pagi di RM Ajo Tonjong, Bukit Baling KM.49 Jambi. Di sini bisa dilihat hamparan hutan sawit.
09:24 bus kembali jalan

12:05 perbatasan Jambi-Riau
14:11 Belilas
14:22 kres dengan Putra Pelangi Perkasa bodi Euroliner dengan stiker OH 1626.
14:37 melewati terminal Gerbangsari, Rengat.
15:03 makan siang di RM Simpang Raya bersama Prayogo Jetbus old Setra, Putra Pelangi Perkasa OH1526 Jetbus2 rombakan line Aceh-Medan-Bandung, ALS nopin 36, dan SAN ‘sanchaibus’ Proteus BM7929TU tujuan Solo-Blitar.

15:54 bus kembali jalan

15:56 melewati Bandar udara Japura, Rengat. Bandaranya kecil, mungkin hanya untuk pesawat kecil seperti Cessna ataupun ATR.
16:25 kena overtake Prayogo yang ketemu di RM Simpang Raya.
17:45 masuk Sorek Satu, Pelalawan.
18:12 lepas Sorek Satu, LV150 sempat terjebak dalam kemacetan karena sedang ada perbaikan jalan, makan diberlakukan system buka tutup jalan. Ada kejadian unik di sini ketika bus berhenti dan supir sudah kebelet pipis, namun beberapa penumpang dan sang kernet coba melarangnya untuk ke WC sebentar. Akhirnya karna sudah kebelet supir pun langsung ke WC, dan apa yang terjadi? Mobil di depan jalan dan supir masih di WC. Sang kernet pun memanggil sang supir tapi sang supir tidak percaya karena supir suka dikerjain kernet hahaha. Akhirnya kernet membangunkan supir pak uban untuk jalan.
19:20 Pangkalan Kerinci

±22:00 kami turun di pasar Arengka.

---Spesifikasi/Detail Bus---

Bus: Lorena (PT Eka Sari Lorena Transport Tbk)
Kode Bus: P 203
Fasilitas: AC, TV, audio, toilet, bantal, selimut
Waktu Tempuh: ±48 jam dan 20 menit *REKOR saya naik bus paling lama :)*

---Penilaian---

(+) Kru cukup ramah dengan penumpang karena sesama kru pun sering saling mengejek
(+) Kursinya sudah lawas, tapi masih lumayan empuk lah

(-) Bus telat datang. Mungkin karena kemacetan jalanan ibukota.
(-) Supir mengemudikan bus terlalu lambat.
(-) Kru merokok di dalam bus, tepatnya di kursi kru di pintu depan.