Sabtu, 10 Desember 2016

Battle of O500R 1836: Pusaka vs PMTOH

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.



PERHATIAN!!! Sebelum membaca, alangkah baiknya lihat dulu etape touring sebelumnya, Catatan Perjalanan Pekanbaru - Medan PP  . Terima Kasih

Battle of O500R 1836 merupakan judul yang keren untuk dijadikan judul tulisan dan inspirasi touring. Sebenarnya bisa aja judulnya Battle of SCANIA K410: Sempati Star vs Putra Pelangi, tapi apa daya, dana untuk touring ini terbatas HAHAHAHA. Armada yang dipilih untuk Battle of O500R 1836 ini sudah saya idamkan sejak lama, gak lama banget sih. Pusaka (yang Jetbus) dan PMTOH jadi pilihannya.

Pemesanan tiket saya lakukan via telepon. Coba telpon ke PMTOH di Gagak Hitam, Medan untuk pesan dan bayar di hari keberangkatan, tetapi sang petugas loket agak keberatan yang cenderung tidak mau. Oke, kita balik. Telpon PMTOH di terminal Batoh dan bisa bayar pas mau berangkat. Kalo Pusaka sih oke-oke aja, maksimal 3 jam sebelum jam keberangkatan (jam 20:00) harus dibayar. Yang lucunya saya mau pesan tiket Pusaka tapi teleponya ke loket Kurnia di Gagak Hitam hahaha. Namanya juga norak, saya kira KAP loketnya pada nyatu di Gagak Hitam.


Part I: PUSAKA

Sabtu, 3 Desember 2015
Setelah tiba di loket PPP jalan SM Raja langsung naik angkot 64 sampe loket Pusaka di jalan Gatot Subroto, loketnya disebelah mall yang lagi dibangun. Langsung tebus tiket seharga dua lembar “Sukarno Hatta”.  Langsung SKIP lah.

Abis solat maghrib langsung cek in dan ternyata dapet incaran yang dulu, BL 7723 PB “Jablay”. Setelah itu nonton sebentar Indonesia vs Vietnam, tapi TVnya loket Pusaka parah, kualitas gambarnya 3gp hahaha. Akhirnya streaming skor di Google aja lah untuk Indonesia vs Vietnam dan Chelsea vs Klub Ghoib, ups hahaha. Pas mau ke loket Pusaka ketemu PMTOH 1836 di seberang loket Sempati Star dan ternyata saya akan dapat 7999 besok.

20:27 start loket Gatsu (biar keren kaya di Jakarta). Sewa engga penuh. Pas masuk kabin udah ada snack di kursi, isinya roti (kaya roti seribuan, tapi enak) dan air mineral gelas. Di seat sebelah pun juga ada snack. Wah berarti ada orang di sebelah. Uniknya pun gak ada box ECU.
20:38 lewat Paris, maksudnya terminal Pinang Baris. Gak masuk, cuma bayar aja.
21:06 melewati Binjai Supermall.
21:12 – 21:20 isi solar bareng Kurnia Non Stop 1836. Baru isi solar eh udah ditinggal Kurnia. Pas lagi nyolar, tiba-tiba saya denger suara mesin menggelegar, nengok ke kiri ternyata dateng Kurnia Skyliner OH 1634 V8. Pantes aja gahar banget suara mesinnya. Lepas nyolar, style Sumatera nya keluar. Pas nyalip kadang bikin kesel pengendara di arah berwalanan.
22:27 sempat tertahan karena banyak truk yang mau masuk jembatan timbang. Seat sebelah saya emang ga ada penumpangnya, tapi ya bikin kesel aja karena seat sebelah didudukin driver kru dan penumpang yang naik di jalan, walaupun sebentar sih.
01:15 bangun-bangun udah di Idi Rayeuk, Aceh Timur. Sekitar jam 1:30 di jalan lintas yang sepi dan gelap bus sempat memperlambat jalan karena ada beberapa motor bocah (masih SMP kayanya) kampret di jalan yang gak jelas ngapain. Ternyata eh ternyata di depan rombongan mereka ada cewek (SMP juga kayanya) berbusana muslimah sendirian. NGAPAIN COBA??? Pas posisi pintu depan bus sejajar dengan cewek tersebut, si cewek lengannya dipegang sama seorang bocah dan cewek tersebut teriak. TUH KAN, NGAPAIN COBA??? Malem minggu, tengah malem, cewek sendiri dikerubungin cowok naik motor. Saya gak tau apa yang terjadi selanjutnya. Pikiran terburuk saya, cewek itu di “gangbang”. Itu su’udzon saya mudah-mudahan gak terjadi hal yang diinginkan. Kejadian itu masih terngiang di pikiran saya sampai saat ini.

02:24 overtake Sanura Scania K410 Top Class. Santai banget dah Sanura.
03:29 – 03:59 masuk rumah makan di Matang, Bireuen. Banyak juga bus-bus lain yang singgah. Karena saya ngantuk, saya tidur aja, lumayan dari tadi kuasain 2 seat.
05:57 solat subuh dulu. Pas masuk bis lagi, ternyata sepi banget coeg! Serasa lagi sewa bis. Lepas subuh udah pasti lewat Seulawah, sayangnya pemandangan tertutup kabut karena cuaca yang gerimis dan saya pun masih ngantuk. AC nya dingin bukan maen, bikin mules, mana terminal masih jauh. Untungnya singgah dulu di SPBU, jadinya bisa setor dulu.
07:50 akhirnya tiba di terminal Batoh. Di sini saya turun bersama seorang penumpang lainnya. Sebelumnya satu penumpang turun di Lambaro, dan sisa satu penumpang  lagi nanti turun di Gudang KAP. Tuh kan, masuk kota Banda Aceh cuma ada 4 penumpang, udah kaya sewa bis.


--- Detail Bus ---

Bus: Pusaka (PT Kurnia Anugerah Pusaka)
Plat nomer: BL 7723 PB “F1 / Jablay’
Kelas: Patas Baru
Jurusan: Medan – Banda Aceh
Tarif: 200.000
Nomer kursi: 4 (1D)
Jumlah Kursi: 34
Merk Kursi: Karya Logam
Sasis: Mercedes-Benz OC 500 RF 1836
Bodi: Jetbus2 HD (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV audio, toilet, bantal, selimut, snack , leg rest, smoking room
Waktu Tempuh: ±11 jam dan 23 menit


--- Penilaian ---

(+) Walaupun lama, tapi sampe Banda Aceh gak kepagian.
(+) AC nya dingin bukan maen. Seluruh kaca bus (pas pagi) berembun.
(+) Dapet snack.
(+) Penumpang sepi, jadi bisa kuasain 2 seat sekaligus.

(-) Kru dan penumpang rese, pake duduk di seat sebelah pula.
(-) Legroom sempit, 11:12 sama Sempati Star Non Stop yang saya naikin waktu itu.
(-) Isi Solar di tengah perjalanan, jadi terbuang waktu sia-sia.



Part II: PMTOH

Setelah seharian di kota Banda Aceh, lebih banyak istirahat di Masjid Raya sih hahaha. Setelah solat asar saya menuju terminal Batoh. Sekitar jam 5 sore sampe terminal. Bus jalan jam 9 kok jam 5 udah di terminal? Yaaa,,,,namanya juga suka bis, foto-foto dulu lah, walaupun gak bagus, maklum amatiran.
Sampe terminal langsung ke loket PMTOH untuk tebus tiket karna pas mau tebus pagi hari, orang loketnya belom ada. Ada kejadian lucu dan menguntungkan pas tebus tiket. Berikut kurang lebih percakapannya.
Hahaha kocak dah, lumayan irit 20.000 ditambah 20.000 tiket PPP, jadi irit tiket 40.000. Abung itu langsung cabut makan sekalian ngecas hp. Sampe waktu keberangkatan saya cuma liat-liat suasana terminal, foto-foto, dan solat. Terminal (armada bus) hari itu gak rame, buktinya cuma 2 Sempati Star Non Stop yang saya liat dan Kurnia 2542 pun gak keliatan. PMTOH pun cuma 1836 dan yang ke Jawa aja yang saya liat, 1626 seat 28 pun gak keliatan.

18:54 PMTOH 7999 parkir. Bener kan si 7999. Sepertinya ini unit eks Pahala Kencana, karena masih keliatan stiker Air Suspension khas Pahala Kencana.

21:14 keluar terminal Batoh. Penumpang cukup ramai, full seatnya di Lambaro. Si 1836 langsung dipacu menuju Medan. 
Top Speed tercatat sampai 108kpj

23:10 Sigli
00:40 Peudada, Bireuen. Jalan malam bersama Kurnia 1836 Skyliner yang ketemu di terminal.
00:54 overtake Kurnia 1836 Skyliner tadi yang lagi naikin sewa di Jl.Malikussaleh, Bireuen.
01:53 isi solar. Sama kasusnya kaya KAP, isi solar pas perjalanan.
02:23 Lhoksukon
04:13 bangun-bangun udah di Langsa dan abis itu jalan malam bareng Sempati Star Double Decker, New Aceh Tengah Zeppelin 1626, dan Harapan Indah SHD 2542 *eh apa Sempati Star SHD K360 yah, lupa karena masih ngantuk. Jalan bareng gak berlangsung lama karena Sempati Star menepi.
04:23 New Aceh Tengah kena overtake dan langsung ditinggalin PMTOH.
05:21 – 05:40 solat Subuh di Pekan Besitang, bersama Pusaka 7723 F1, Kurnia 1836 Skyliner yang tadi, dan Sempati Star 2542 Double Decker.
06:33 Tanjung Beringin, Langkat. Pas hari mulai terang, disambut dengan kemacetan Senin pagi dari Langkat sampai Medan.
07:20 terminal Binjai. Masih macet juga. Saya sih nyantai, lah bus+seatnya nyaman kok.
07:50 masuk kota Medan.
07:59 terminal Pinang Baris.
08:06 akhirnya tiba kembali di Medan, tepatnya loket PMTOH Gagak Hitam.


--- Detail Bus ---

Bus: PMTOH (PT PMTOH)
Plat nomer: BL 7999 AA
Kelas: Patas Executive
Jurusan: Banda Aceh - Medan
Tarif: 180.000 (aslinya 200.000)
Nomer kursi: 10 (3B)
Jumlah Kursi: 30
Merk Kursi: Rimba Kencana
Sasis: Mercedes-Benz OC 500 RF 1836
Bodi: Jetbus2 HD rombakan, aslinya Jetbus HD (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV audio, toilet, bantal, selimut, leg rest, smoking room
Waktu Tempuh: ±10 jam dan 52 menit


--- Penilaian ---

(+) AC nya pas. Gak kejam kaya Pusaka hahaha
(+) Untungnya pilih seat bagian kiri, karena selonjor tanpa harus nekuk kaki.
(+) Seat HAI buatan Rimba Kencana luar biasa nyaman. Bentuknya pun pas sama badan, gak bikin pegel badan, terutama leher. Busa joknya lebih tebal daripada seat HAI di bus Harapan Jaya yang pernah saya naikin. HAI-nya Harjay keras!

(-) Interior bus sedikit agak kotor pada lantainya.
(-) Gak dapet snack
(-) Isi Solar di tengah perjalanan, jadi terbuang waktu sia-sia


PERHATIAN!!! Sebelum membaca, alangkah baiknya lihat dulu etape terakhir touring ini, Catatan Perjalanan Pekanbaru - Medan PP  . Terima Kasih

Jumat, 09 Desember 2016

Pertarungan Pekanbaru-Medan PP: Putra Pelangi vs Medan Jaya

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)
Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.



Postingan ini dan berikutnya saya akan ceritakan mengenai perjalanan atau biar keren, touring tektok, menuju Ibukota provinsi paling barat Indonesia yang sekaligus isi terminalnya didominasi bus-bus mewah nan mahal. Udah pada tau kan?. Touring ini berawal dari sedikit rasa penat dengan aktivitas dan udah setengah tahun lebih gak naik bus bagus, serta emang pengen banget touring ke kota tersebut lagi.


Part 1: PUTRA PELANGI PERKASA

Saya memulai perjalanan dari kota Pekanbaru dengan banyak pilihan armada yang juga buat saya bingung mau naikin yang mana. Sekitar 2 atau 3 hari sebelum keberangkatan, ada kabar kalau awal Desember Sempati Star sudah jalan ke Pekanbaru. Saya tanyakan ke kantor pusat Medan, tetapi mulai jalan perdana dari Pekanbaru sekitar 2-3 hari setelah tiba di Pekanbaru.
Hari keberangkatan, tepatnya setelah solat Jumat, saya ke loket Putra Pelangi untuk beli tiket tujuan Medan dengan bus dari Padang. Loh kok? Biar hemat dan berangkatnya pun lumayan akhir, jam 8, lagi pula lumayan lah 38 seat dapet 1626, udah hampir 2 tahun juga gak naik 1626.
Namun sayang, armada Padang tidak berangkat dan hanya tersedia si Jetliner tronton, kebetulan yang jalan si 7543 “Baho Do Au”. Tengok loket RAPI pun yang jalan si Bracha, Scania K360 bodi Jetliner, makin bingung lah. Akhirnya diputuskan naik Jetliner 2542 lagi. Dikasih harga 250rb, mungkin karena orang loketnya liat tampang saya yang kere kali ya hahaha.
Untuk armada Medan-B.Aceh PP saya putuskan naik Patas 1836. Sementara, untuk Medan-Pekabaru saya mengincar Medan Jaya Scania K360.

--- SKIP ---
Jumat, 2 Desember 2016
19:20 saya tiba di terminal AKAP BRPS sebagai penumpang terakhir yang ditunggu-tunggu 7543 dan langsung berangkat menuju Medan dan sekitarnya. 



20:35 Minas. Performa 7543 menurut saya lebih baik dibandingkan 7544 yang waktu itu saya naiki. Drivernya lebih berani.
21:23 melewati Polsek Kandis, kab.Siak. 
22:50 menepi di loket PPP, Duri.
23:08 di overtake RAPI Scania K360 dan sempat kejar-kejaran dengan RAPI dan Intra SE 1526 Skyliner
01:15 Bagan Batu. Di Bagan Batu sempat dihadang pemuda yang sepertinya ingin minta uang ke 7543 karena menaikkan sewa. Padahal 7543 gak ada naikin sewa di Bagan Batu, kalo turunin sewa ada. Driver pun sempat adu mulut dengan para pemuda. Akhirnya para pemuda mengalah dan 7543 kembali melanjutkan perjalanan.
02:08 Kota Pinang.
05:35 masuk Kisaran. Di Kisaran, penumpang sebelah saya turun dan 2 seat saya bisa kuasai sendiri.
07:27 masuk terminal Tebing Tinggi.
07:48 Simpang Berdagai, Sei Rampah, kab.Serdang Berdagai.
08:20 Pasar Bengkel, Perbaungan. Mulai perbaungan sampai Medan jalan mulai ramai.
08:34 masuk Deli Serdang
08:44 melewati terminal Lubuk Pakam. Isi terminal banyak diisi Trans Mebidang, Hino RK8 bodi Discovery.
09:08 melewati Polda Sumatera Utara.
09:15 akhirnya saya putuskan untuk turun di loket PPP, Jl.Sisingamangaraja, Medan.

--- Detail Bus ---

Bus: Putra Pelangi (PT Putra Pelangi Perkasa)
Plat nomer: BL 7543 AA “Baho Do Au”
Kelas: Double VIP / Executive
Jurusan: Pekanbaru – Medan
Tarif: 250.000 (Aslinya 270.000)
Nomer kursi: 11 (3C)
Jumlah Kursi: 38 + 2
Merk Kursi: Aldilla
Sasis: Mercedes-Benz OC 500 RF 2542
Bodi: Jetliner (karoseri Rahayu Santosa)
Fasilitas: AC, audio, toilet, bantal, selimut, WiFi, leg rest, smoking room
Waktu Tempuh: ±13 jam dan 55 menit

--- Penilaian ---

(+) WiFi nyala.
(+) Gak mampir rumah makan. Jadinya lebih cepat

(-) Kru kurang ramah.
(-) WiFi nyala tapi lemot bahkan gak jalan. Mungkin kuota habis.
(-) Colokan listrik gak nyala.
(-) Jarak antar seat buat saya agak sempit. Gak bisa selonjor.
(-) Tarif paling mahal tapi gak dapet snack.

PERHATIAN!!! Sebelum membaca part 2, ada baiknya membaca etape touring Medan - Banda Aceh PP

Part 2: MEDAN JAYA

Sampai di loket PPP, Jl.SM Raja saya langsung melipir ke loket Medan Jaya yang hanya di pisahkan oleh show room mobil. Saya langsung pesan tiket dan alangkah terkejutnya saya ternyata untuk tanggal 5 Desember, jatahnya bukan Scania tapi 1526 Jetbus. Scania jalan dari Medan tanggal genap. Aduh, naik Mercy kelas rendah ini. Sempat pikir juga naik RAPI, tapi bukan jatahnya Scania untuk tanggal 5. Makmur 1836 pun kemalaman berangkatnya, jam 9. PPP tronton? Jatahnya 7544, dan bosen! Ya udah lah, akhirnya naik MJ aja. Hitung-hitung coba naik Medan Jaya untuk pertama kali.
--- SKIP ---
Senin, 5 Desember 2016
Setelah berkutat dengan kemacetan kota Medan, akhirnya saya tiba di loket Medan Jaya di jalan SM Raja. Langsung cek in dan ga ada dikasih nomer plat bus hahaha. Setelah itu saya menunaikan solat (dijamak) dan makan. Selesai makan dan hendak balik ke loket, tiba-tiba lewat PPP Jetliner. Saya dibuat bingun dengan stiker SUPER VIP di kaca atas yang di mana stiket tersebut milik 7543, setelah saya lihat kaca belakang, benar saja ada stiker kuning BAHO DO AU. Wah ternyata perkiraan meleset, si 7543 perpal di Medan.
19:17 masuk Medan Jaya Jetbus 1526 AirS rute Medan-Pekanbaru kelas 28 seat. Ternyata Jetbus yang MB seatnya beludru. Masuk ke dalam kabin dan duduk di seat buatan Aldilla langsung terasa beda dengan seat buatan Rimba Kencana. Masih lebih enak Rimba Kencana karena bentuk seat yang sesuai dengan badan untuk duduk istirahat untuk perjalanan berjam-jam. Parahnya lagi leg rest rusak. Lagipula gak akan dipake juga, leg room untuk hot seatya sempit, kaya Pusaka 7723 kemaren.
19:24 start loket Medan Jaya jalan Sisingamangaraja. Sebelum berangkat, ada himbauan dari petugas loket agar menjaga barang pribadi dan jika memiliki narkoba harap ditinggal biar gak nyusahin. Hmmm....bagus juga. Good Job, MJ! Dibagiin snack juga. Isinya wafer Richeese dan satu Aqua gelas. Lumayan lah, daripada sebelumnya, tiket paling mahal tapi gak dapet snack hahaha.
 20:30 melewati PTPN IV Unit Usaha Adolina, Perbaungan, Serdang Berdagai.
20:44 melewati pasar Bengkel, Perbaungan.
22:56 saya terbangun dan posisi bus lagi menepi di luar terminal Sei Berjangkar, kabupaten Batubara. Karena lelah ngetrip PKU-BNA, saya lebih banyak tidur.
03:25 Bagan Batu.
04:23 melewati Polsek Rokan Hilir.
05:35 melewati Plasa Telkom, Duri.
06:42 – 07:09 masuk RM Bambu Kuning, Kandis bersama Medan Jaya ekonomi nopin 92 bodi buatan Cipta Karya. Di rumah makan saya cuma foto-foto aja. Lepas rumah makan, drivernya aneh, kadang ngebut kadang nyantai. Yang unik, lampu sein gak bisa ngedip HAHAHA. Jadi dikedipinnya secara manual. Lepas RM Bambu Kuning dan lewatin RM Tuah Sakato, ternyata gak ada PPP 7543 'Baho Do Au', cuma ada PMTOH. Dan ternyata Sempati Star singgahnya di Tuah Sakato, ada spanduknya.
 08:26 melewati Polsek Rumbai
08:43 masuk loket jalan Riau Ujung. Lokasinya jauh bener, bagi saya mah antah-berantah, gak ada akses angkutan umum ke loketnya.
08:58 akhirnya tiba kembali di tanah rantau. Saya turun di terminal BRPS dilanjut TMP koridor 06 dan 03 (pakai bus baru, si RK biru dari Dishub). Perjalanan menuju kost melewati loket PPP dan belum tampak si PPP Baho Do Au, mungkin udah di cuciannya Makmur. Lewat cucian makmur ternyata gak ada bus sama sekali. Wah masa iya si PPP 7543 Baho Do Au ketinggalan jauh.

--- Detail Bus ---

Bus: Medan Jaya (PT Medan Jaya Simalem)
Plat nomer: BK 7872 DO
Kelas: Executive 28 Seat
Jurusan: Medan - Pekanbaru
Tarif: 240.000
Nomer kursi: 1
Jumlah Kursi: 28
Merk Kursi: Aldilla
Sasis: Mercedes-Benz OH 1526 + Air Suspension
Bodi: Jetbus HD (karoseri Adi Putro)
Fasilitas: AC, TV, audio, toilet, bantal, selimut, snack, leg rest, smoking room
Waktu Tempuh: ±13 jam dan 41 menit


--- Penilaian ---

(+) Dapat snack
(+) Ada pengumuman/wanti-wanti dari petugas loket untuk jaga barang bawaan dan kalo ada sabu/ganja, mohon ditinggalkan biar gak nyusahin.

(-) Kru kurang ramah.
(-) Leg rest rusak.
(-) Hot seat lebih sempit dari seat belakang
(-) Drivernya aneh. Kadang ngebut, kadang lambat.
(-) AC kurang dingin
(-) Bodinya banyak gemlodak
(-) Air Suspension dari Adi Putro udah kurang nyaman. Serasa pake leafspring tapi lebih mentul-mentul dan gak ada kriyet.

Selasa, 27 September 2016

Naik LV 150 lagi

Tolong hentikan fokus anda pada artikel ini sementara :)

Bagi yang ingin mendapatkan diskon dari redBus silakan masukkan kode refferal redb527qj atau ke http://r.redbus.com/redb527qj-1q6 untuk mendapatkan diskon 80.000 saat mendownload di Android apps mendaftar di redBus. Sekian, Terima Kasih.


Hari libur kuliah telah berakhir (udah lama sih) dan itu artinya saya harus kembali ke Pekanbaru. Kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya menuju Pekanbaru, armada/bus yang saya naiki sama seperti sebelumnya. Yap, Lorena dengan kode roster LV 150. Kenapa Lorena lagi? Simple, masih penasaran dengan OH 1526 Skyliner atau Jetbus2. Sempat terpikir juga untuk naik SAN yang baru keluarin Scania K360 Opticruise berbodi Legacy SR-2 untuk line Pekanbaru-Solo, tapi ya gitu, jam keberangkatannya terlalu pagi (jam 10). Mau naik Medan Jaya pun berangkatnya siang, kalo PPP armadanya kuler dengan bodi rombakan. Pokoknya udah mantap naik Lorena walau dengan armadanya yang rollingan alias gak pasti.

Tanggal 15 September beli tiket di Kantor Cabang (KC) Lorena di Cikokol, Tangerang. Dapatlah seat 1D dengan tarif 460.000 untuk tanggal 17 September. Jam keberangkatan gak pasti, saya ditelpon saat bus telah berangkat dari Rawamangun.


Sabtu, 17 September 2016

Sekitar jam setengah empat sore dapat telpon dari KC Lorena kalau keberangkatan LV 150 pada malam sekitar jam 7an karena bus putar-putar dulu dari Tajur (Bogor) ke pool/depo Lorena di RA Kartini, lalu ke Rawamangun, lanjut Kalideres, baru Cikokol. Good News, jadi bisa sedikit santai. Itu lah enaknya Lorena Sumateraan, berangkatnya paling terakhir.

18:02 baru selesai makan udah ditelpon KC Lorena kalo bus udah jalan dari Kalideres. Gerak dipercepat.
±19:00 tiba di KC Lorena Cikokol dan untungnya bus belum datang. Sempatkan dulu ke Ind*mar*t untuk beli amunisi, lalu izin untuk solat isya dulu. Eh pas jalan ke musholla dipanggil karna bus udah datang. Perasaan kecewa pun datang karena terlihat bukan livery yang dipakai Skyliner atau JB2. Yap, saya dapat bodi Celcius, untungnya pakai 1526. Semoga saja kekecewaan terobati.


foto diambil di KC Lorena, Jambi

19:20 bus berangkat dari KC Cikokol dengan kondisi penumpang belum penuh. Berjalan pelan menuju tol karena kepadatan malam hari kota Tangerang.
19:40 Gerbang Tol Cikupa. Bus tidak terlalu dibawa kencang, kecepatan pun cukup konstan di angka 80kpj. Jalanan saat itu cukup ramai karena banyak truk besar.
20:33 Gardu Tol Merak.
20:41 - 20:50 berhenti di agen Lorena merak untuk kontrol.
20:57 antri di dermaga 1 pelabuhan Merak bersama Kramat Djati kuler.
21:03 masuk KM BSP 1 bersama Kramat Djati 1521 Jetbus MP, ALS nopin 319 bodi dari Cipta Karya, si kecil IMI, dan LV 236 prod.263.

±21:33 kapal jalan. Saya memilih untuk masuk ke ruang AC yang ada sofanya walau harus bayar 15.000, lumayan lah untuk rebahan.
±23:40  kapal sandar di pelabuhan Bakauheni. Turun dari dek menuju bus, terlihat LV236 p.263 Jetbus2 OH 1525 (kayanya) sedang diperbaiki.
23:46 keluar kapal meninggalkan driver kedua yang sedang ikut memperbaiki LV236 walau nantinya menepi di samping dermaga untuk menunggu sang driver.


Minggu, 18 September 2016

00:27 - 01:03 istirahat di RM Siang Malam, Kalianda bersama LV233 p.322 Skyliner 1526, Damri 4752 AP Old Setra, Damri 4935 Royal Class biru, LV171 p.324 dan LV236. Di sini saya solat isya dan mencoba makan bakso di sisi kanan bangunan utama RM Siang Malam. Harganya 15.000 dan rasanya lumayan walau isinya gak banyak plus akuwa gelas 1000.
Trio Lorena MB 1526 bodi dari Rahayu Santosa

02:10 - 02:20 kontrol di KC Lorena Kalibalok.
02:30 masuk terminal Rajabasa, Bandar Lampung. Setelah itu saya banyak tidur.
06:12 masuk propinsi Sumatera Selatan.
07:46 - 08:36 istirahat di RM Pagi Sore, Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir bersama Kramat Djati, LV232 p.273 (Bdg-Pku), Pahala Kencana Bandung, dan Putra Pelangi. Saya sempatkan untuk cuci muka dulu lalu makan. Makanan dijajarkan dan terlihat cumi asam pedas, berhubung saya lapar saya langsung ambil cumi tersebut dan tidak peduli biaya makan yang pasti mahal. Benar saya total biaya makan 46.000. Nasi 8000, cumi 26000, dan teh hangat 8000 plus PPN 10%. Tapi mantap lah rasanya berhubung saya lapar dan cuminya pun tidak alot.

11:21 - 11:38 isi solar di SPBU di Tanjung Api-api, Palembang.
11:45 masuk KC Lorena Palembang sekitar 30 menit. Di sini sudah ada Lorena p.200 OH 1525 Skyliner dan Sari Lorena p.017 OH 1525 AP New Marcopolo.

14:12 - 14:56 masuk RM Musi Indah, Betung, Banyuasin bersama LV232, Rhema Abadi, HD Transport, Arya Prima, dan si kecil IMI dan Jaya Utama. Saya sempatkan solat dulu setelah itu makan di sisi bangunan utama RM Musi Indah. Entah kenapa saya memilih bakso padahal saya pengennya nasi soto ayam. Rasa baksonya lumayan lah. Harganya 22000 untuk bakso dan es teh 8000.

15:29 melewati RM Pagi Sore, Sungai Lilin dan terlihat Putra Pelangi dan Laju Prima Legacy Sky yang lagi istirahat. Sempat terpikir "Kenapa Lorena tidak istirahat di Pagi Sore, Sungai Lilin saja ya?".
18:16 melewati RM Simpang Raya, Bayung Lencir daaannnn tidak berhenti, saya kira akan berhenti di sini.
18:56 masuk kota Jambi.
19:06 - 19:23 berhenti di KC Lorena Simpang Rimbo, Jambi bersama LV232.
20:29 - 21:31 akhirnya istirahat di RM Ajo Tonjong, KM 49 bersama LV232 yang baru sampai. Seperti biasa saya solat dulu lalu makan. Makan dengan ayam gulai harganya 25000. 

LV232 jalan duluan lalu LV150. Saya mendengar percakapan antara dua driver kalau driver pertama (asal Aceh) masih terbilang baru di lintas Sumatera, sementara driver kedua (asal Sumut) sudah hapal "medan" dan driver kedua bilang kalau driver pertama (sedang bawa bus) tidak bisa mengejar LV232 karena LV232 sedang dikemudikan oleh driver yang berpengalaman.


Senin, 19 September 2016

01:12 Gerbangsari, Belilas.
01:50 - 02:48 istirahat terakhir di RM Simpang Raya, Japura, Rengat bersama LV232 dan ALS nopin 35 kuler tapi overhangnya mirip 1525/1526. Saya tidak makan di sini, tapi bungkus nasi dengan ayam balado seharga 26000 untuk makan pagi di kost nanti.

Lepas rumah makan bus langsung dipacu.
02:26 melewati kawasannya Pertamina di Lirik.
03:16 konvoi dengan LV232. LV150 yang tadinya kencang, jadinya kurang kencang karena membuntuti LV232.
03:25 akhirnya LV150 dengan driver kedua pada stir kemudi menyalip LV232 dan meninggalkan LV232 jauh dibelakang. Setelah itu saya sempat melihat speedometer, kecepatan LV150 sempat di atas 100kpj, mantap. Trek jalanan pun sangat bersensasi karena naik turun berkali-kali ditambah jalan cor/beton yang bergelombang.
04:30 berhenti 10 menit di agen Lorena Pangkalan Kerinci karena harus ambil setoran.
Jam 6 kurang sudah masuk kota Pekanbaru
06:13 akhirnya tiba di KC Lorena jalan Soekarno Hatta atau pasar Arengka, Pekanbaru.



--- Detail Bus ---

Bus: Lorena (PT Eka Sari Lorena Transport Tbk)
Kode bus: P299
Kode trayek: LV 150 
Jurusan: Bogor - Jakarta - Pekanbaru
Tarif: 460.000
Nomer Kursi: 1B
Jumlah Kursi: 36/38
Bodi: Celcius (karoseri Rahayu Santosa)
Sasis: Mercedes Benz OH 1526
Fasilitas: AC, toilet, audio, TV, rec.seat, bantal, selimut, smoking room
Waktu Tempuh: ±34 jam dan 53 menit


--- Penilaian ---

(+) Kru bus ramah
(+) Suspensi cukup nyaman. Suara kriyet-kriyet hanya saat bus melewati jalan rusak

(-) Kru menaikkan penumpang tidak resmi di jalan
(-) Carrier saya tidak diperbolehkan masuk ke bagasi bawah