Minggu, 17 November 2019

Menikmati Maskapai LCC Rasa Full Service | Citilink QG938 (CGK-PKU)


Assalamualaikum, selamat datang kembali di blog saya. Sudah lama rasanya tidak bikin trip report di blog ini. Maklumlah, trip langganan Pekanbaru – Tangerang atau sebaliknya sudah vakum gegara waktu tempuh semakin lama dan rasanya ngebis sekarang semakin terasa melelahkan. Padahal sudah beberapa bulan ini terutama di Semester 1 tahun 2019 harga tiket pesawat meroket. Rasa bosan juga menjadi alasan mengapa saya tidak nge-LE 150 atau 151 lagi.
Tadinya saya ada rencana touring di bulan November ini karena mumpung lagi di tanah Jawa. Rasanya pengen menikmati Tol Trans Jawa yang fenomenal itu hahaha. Pengen rasanya ke Denpasar atau Jember/Banyuwangi, minimal Surabaya atau Blitar-Malang lah. Tapi APBP (Anggaran Pendapatan dan Belanja Pribadi) dan devisa yang tipis hingga akhir bulan tidak menghendaki untuk touring yang bahkan cuma harus keluarin duit 500 ribu. Tapi okelah, mungkin belum rejeki. Mungkin nunggu populasi Volvo B11R di jajaran bus reguler AKAP semakin banyak hahahaha.
Seperti yang sudah saya ceritakan di paragraf pertama, postingan kali ini juga tidak akan menceritakan perjalanan saya naik Lorena Pekanbaru. Tapiii saya akan menceritakan sedikit cerita, kesan, dan pengalaman saya saat naik pesawat CGK-PKU. Yaaa, nampaknya memang biasa saja. Tapi tenang, Insya Allah tidak akan biasa saya.
Perjalanan kali ini pada akhirnya saya memilih Citilink sebagai moda transportasi yang akan mengantarkan saya ke Kota Madani. Media pemesanan tiket saya percayakan kepada Tiket.com. Why? Beli tiket Citilink di Tiket.com saat ini sangat menarik. Btw ini gak disponsorin Tiket.com loh ya. Beli tiket Citilink di Tiket.com saat ini gratis makanan dan voucher senilai 150.000 (minimal transaksi 800.000) untuk tiket pesawat Citilink dan Hotel. Ini alasannya saya cukup getol memilih Citilink dan karena juga Batik Air udah 1 juta ke atas harganya hahahaha.
Foto hanya ilustrasi
Harga yang harus saya bayar adalah senilai 861 ribu sekian lah (udah free meals gratis dari promo Tiket.com). Saya pakai Gift Code juga Telkomsel Poin dengan potongan 100.000. Jadi saya pesan tiket seharga 761 ribu someting. Karena rencana budget pulang saya untuk tiket saja sebesar 900 ribu karena rencana awal naik Batik Air. Jadi, saya bisa “upgrade” atau beli fasilitas tambahan di pesawat. Saya beli kursi terdepan di website Citilink seharga 135.000 (untuk baris 1 atau hot seat dan baris di emergency exit (hanya bisa dibeli di airport saat check in)). Toh total tidak sampai 900 ribu dan selisih 2-3 ribu dengan tiket Batik Air saat murah dan sudah dipotong promo 100.000. Kapan lagi naik pesawat bisa duduk di hot seat? Kalo naik bus mah udah eneg kali duduk di hot seat hahaha. Btw saya bayar 135.000 melalui LinkAja, yahhh mungkin karena sesama produk dari anak perusahaan BUMN kali yah. Mudah syekali lah pembeliannya. Oh iya, saya pilih seat 1F dengan harapan bisa lihat Sunset.

Sabtu, 16 November 2019
Pukul 2 siang lewat saya otw Stasiun KA Bandara (Railink) Batu Ceper naik Go Car. Tarif cuma 43.000, kalo joss langsung bandara 83.000. Kenapa saya naik KA, karena saya masih punya saldo e-money gocap yang gak akan kepake di Pekanbaru. Karena Pekanbaru masih belum bersahabat untuk pemakaian e-money. Paling buat belanja di Indomaret doang setau saya. Bayar TMP masih cash, kereta (CL, MRT, LRT) mustahil ada. Balik lagi, kalo begini kan ongkos ke bandara saya cuma keluar sekitar gocap, Railink gak dihitung. Btw bulan November ini KA Bandara masih tarif promo loh untuk pemesanan online di website dan mobile app. Cuma ya ada tambahan biaya 5.000 hahahaha. Payah lo, e-money atau e-wallet aja biaya adminnya 1000 perak.
Saya ambil jadwal jam 15:25. Lumayan bisa Sholat Ashar dulu di stasiun. Tiba di BST jam 15:37, sesuai jadwal. Langsung naik Kalayang ke Terminal 2. Mana saya gak tau lagi counter check in Citilink di mananya, akhirnya masuk aja dah di Gate 4 (kalo ga salah) walau harus jalan lagi karena di gate ini isinya counter Batik Air.
Selesai check in, dapat boarding pass. Bagus boarding passnya, gak ngeplek-ngeplek loyo kaya Garuda saat saya naik GA dari PKU-CGK sebelumnya. BP-nya kaya punyanya Lion Group, payah! Full Service (FSC) kok begitu. Dannn saya lupa kasih GA Miles saya, padahalkan lumayan biar kata sedikit juga. Tapi biarlah.
Langsung menuju gate D7, duduk sambil nonton film di HP, lalu ada pengumuman kalo Boardingnya pindang ke D4. Ealah! Udah sampe D4, duduk lagi benar, Boarding Call. Antri-antri sedikit langsung menuju hot seat. Saya kira hot seatnya sama lega kaya FSC, tapi kayanya beda. Kaki gak bisa full selonjor, masih nekuk. Kaya hot seatnya Sempati Star, PPP Jetliner Scania, dll (yahh nyebut merk dah wkwkwkwk). Tapi okelah, yang penting nyampe Pekanbaru duluan dibanding penumpang lain hahahaha.
Pintu ditutuppp dddaaannnn ternyata cuma saya seorang yang bayar 135.000 alias cuma saya seorang yang duduk di hot seat. Bangku sebelah sampe 1A kosong. Mantap! Padahal waktu pilih kursi, seat 1A,1B,1C gak bisa dipilih karena diblok atau mungkin sudah dibooking. Ternyata kalo duduk di depan itu seat belt bagian kiri ada airbagnya. Ya Allah, norak sekali saya.
Untuk waktu take off dan touch down sila lihat di FR24. Saya gak perhatiin. Take offnya aja gak di runway di belakang pesawat, malah nyebrang dan lewatin hanggar dulu. Pas lewat hanggar GMF, Ya Allah 4 unit 77W (Boeing 777-300ER) milik Garuda ngejagrok di sono, apa iya itu 4 unit istirahatnya cukup lama? Apa iya 77W maskapai lain (Emirates, Singapore, Qatar, KLM, dll) sering ngaso-ngaso juga di hanggar? Apa iya Cuma 77W nya GA aja yang paling sering di darat? Hhhmmmmm.....??? Btw di hanggar jjuga terlihat 747 (kayanya) dengan livery mirip Rossiya (benernya namanya) dan 747 nya KLM. Jauh ugha ya 747nya KLM masuk bengkelnya ke CGK. Sayang gak nampak A330-900neo yang baru.
Oh iya selingan. Pada H-1 hari keberangkatan saya alias pada Jumat 15 November 2019 telah diresmikan tol Terpeka (Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung) oleh pak Presiden Joko Widodo beserta Menteri PUPR, Menteri BUMN, dan Dirut PT Hutama Karya (Persero). Selamat! Ini menjadi ruas tol terpanjang di Indonesia saat ini, entah siapa yang akan menjadi ruas tol terpanjang selanjutnya. Nah, pada hari keberangkatan saya (Sabtu 16/11/19) tol ini sudah dioperasikan dan GRATIS selama 30 hari! Goks. Mungkin kalo saya naik LE 150 bisa menikmati tol ini soanya gratis, masa iya nolak gratisan. Mungkin bukan rejeki saya jadi salah satu orang yang menikmati ruas tol terpanjang di hari pertama pengoperasiannya.

Balik ke Citilink. Saat TO, tumben saya mendengar suara raungan kaya 77W di yutup-yutup itu. So Satisfying. Lampu tanda kenakan sabuk pengaman mati, setelah itu, FA (pramugari dan pramugara) mulai berkeliaran, namun didahului oleh penumpang yang berkeliaran ke toilet hahaha. Karena saya beli fasilitas Green Zone, saya dapat snack kacang dan air mineral botol 220ml merk Cleo. Yailah, 220ml aja dibotolin. Padahal mah itu standar isi “aqua gelas”, bahkan Cleo gelas aja isinya 250ml seperti yang saya dapat saat naik Kurnia AW Series .
Setelah itu dibagikan meals plus air minum lagi. Makanan gratisan bagi pax yang beli tiket di Tiket.com ini isinya nasi uduk. Keknya sama kaya yang didapet seorang Youtuber, Ikhwan Hidayat deh (tonton videonya di sini). Suprisingly rasanya enak. Ternyata makanan di LCC bisa enak juga yah. Rasa nasinya enak walau gak banyak tapi pas, rasa tempe balado enak dan pas, telurnya kurang banyak tapi pas, ayam opornya enak rasanya. Good job buat Citilink dan catering rekanannya.

Modal gak sampe 800 rebu dapet makan enak. Daripada naik induknya, si GA, cuma dapet roti 2 biji, kacang, ama aer untuk rute PKU-CGK. Roti dan paper bag nya sih merk terkenal, The Harvest, tapi ya engga banget lah buat FSC. Beda banget sama 2018 lalu saat naik GA PKU-CGK juga yang dapet meals dan minuman soft drink. Parahhh parahhh. Paman Gober!
Tapi yaaa pas naik GA dari KUL-CGK akhir Okober kemarin sih tetep seperti FSC layaknya. Ya kali dapet snack doang sama BP ngeplek-ngeplek! Ambyar dah dihajar Malaysia Airlines sama Malindo.
Selama flight dengan A320-200 non Sharklets ini, terasa beberapa kali turbulance ringan yang cukup panjang, namun tidak sampai lampu kenakan sabuk pengaman nyala. Dann bodohnya saya setelah beberapa kali terbang CGK-PKU jam sore, ternyata view Sunset itu ada di bagian seat A alias sebelah kiri, bukan F atau kanan. Bego amat yah hahaha. Akhirnya di seat 1F ini hanya menikmati langit biru saja. Btw juga, kok sekarang langit disekitaran CGK itu kaya Sumatera saat musim kabut asapnya. Berkabut atau smog (smoke fog) itu. Apa sebegitu parahnya kualitas udara di Jakarta dan Tangerang kota?


Sebelum descent, mbak’e pramugari membagikan voucher 150.000 itu. Eh jnck nya dibagikan ke semua penumpang, bukan Cuma penumpang yang beli tiket di Tiket.com aja. Ealahhhh, sa ae dah.
Proses landing yaa gak mulus lah, mantul 2x kayanya. Tapi sih itu biasa lah ya. Kalo mau mulus ya naik yang wide body. Seperti yang saya rasakan saat pertama kali naik wide body. Oktober kemarin berkesempatan naik A330-300 nya Oman Air rute KUL-MCT. Baru kali itu mendara mulus dan nyaman banget. Ternyata faktor ukuran pesawat berpengaruh yah. Parkirnya di tengah-tengah di antara Batik Air dan Garuda yang sama-sama flight terakhir dari CGK dan langsung puterwalik ke CGK kayanya. Gak pernah saya keluar pesawat duluan (bukan yang pertama) ini.
Pas udah mau sampai pengambilan bagasi eh ada counter Grab. Eh udah bisa toh ngambil pax di PKU atau SSK II. Ambil bagasi dulu dan nunggunya lama, molor 15 menit lebih dari jadwal. Selesai ambil bagasi, buka aplikasi Grab. Ebuset! Tarifnya 90.000 ke kost. Padahal kalo pake Go Car 60 ribuan. Gila! Tapi yaaa wajar sih. Mesti naikin tarif kalo mau diijinin masuk sama AU. Maklum, bandara SSK II ini jadi satu sama pangkalan udara AU. Blue Bird aja yang lebih senior di Pekanbaru masih gak boleh ambil penumpang di sini. Tapi okelah, lanjut 90.000 karena lagi hujan juga. Kalo kaga ujan mah saya jalan keluar bandara ke simpang puskesmas trus naik Go Car yang Cuma 60 ribuan.
Udah segitu aja yah trip reportnya. Karena cukup mendadak bikinnya dan baru kepikiran mau bikin dan jadiin trip report saat udah di pesawat.


DETAIL ARMADA

Maskapai: Citilink (member of Garuda Indonesia)

Penerbangan: QG938 CGK-PKU (Jakarta Soekarno-Hata – Pekanbaru)
Kelas: Economy (LCC)
Nomer kursi: 1F (window)
Registrasi: PK-GLJ
Pesawat: Airbus A320-200 (A320-232)
STD: 17:05
STA: 19:00
ATD: 17:18
Landed: 18:38
Waktu tempuh: 1 jam dan 20 menit (versi FR24)




PENILAIAN


Overall sangat memuaskan. Ditengah harga tiket pesawat yang masih tinggi, modal 900 ribu sudah menikmati layanan dan fasilitas seperti maskapai Full Service. FA pun ramah. Good Job buat Citilink.
Terima kasih kepada Tiket.com dan Citilink atas promo dan pelayanan dalam penerbangannya.


1 komentar:

  1. Emperor Casino | Shootercasino
    Enjoy authentic casino table games online, enjoy your winnings on our exclusive range of 1xbet slot machines, enjoy the deccasino hottest casino slots and games 제왕 카지노 for your money.

    BalasHapus